SEKILAS INFO

EnglishFrenchGermanItalianPortugueseRussianSpanish
  I     I

GUBERNUR : PEMPROV DUKUNG PENDIDIKAN ANAK AUTIS & BERKEBUTUHAN KHUSUS

Posted : 02 Mei 2017 15:26:05

Dalam berbagai kesempatan, baik Gubernur Jambi, H.Zumi Zola, S.TP, MA maupun istri yang juga Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Jambi, Hj.Sherrin Tharia Zola kerap menyatakan bahwa anak autis dan berkebutuhan khusus harus diberikan perhatian khusus, baik oleh orangtua, keluarga, para guru dan pengasuh di sekolah, maupun oleh masyarakat, serta menghimbau semua pihak untuk mendukung pendidikan anak-anak autis dan berkebutuhan khusus tersebut. Selaku Gubernur Jambi dan Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Provinsi Jambi, H.Zumi Zola dan Hj.Sherrin Tharia Zola mengemukakan, Pemerintah Provinsi Jambi sangat mendukung pendidikan bagi semua orang, termasuk bagi anak-anak autis dan berkebutuhan khusus.

Sabtu (29/4/17) sore, dalam Autism and Special Needs Children Expo 2017 yang berlangsung di WTC Batanghari Jambi, Zola kembali menegaskan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi mendukung pendidikan bagi anak-anak autis dan berkebutuhan khusus.

Acara yang diselenggarakan oleh Sekolah Luar Biasa (SLB) Harapan Mulia mengusung tema "Maju dan Melangkah Bersama dalam Perbedaan" tersebut dibuka oleh Gubernur Jambi, H.Zumi Zola yang didampingi oleh Bunda PAUD Provinsi Jambi, Hj. Sherrin Tharia Zola.

“Pemerintah Provinsi Jambi mendukung upaya menjadikan anak-anak autis dan berkebutuhan khusus dapat dimaksimalkan potensi terpendam mereka dengan memberikan pendidikan dan arahan yang sesuai bakat dan minat anak. Kita harus beri dukungan untuk anak anak yang luar biasa ini," tegas Zola.

Zola mengatakan, dia sangat peduli pada anak-anak autis dan berkebutuhan khusus di Provinsi Jambi. “Anak berkebutuhan khusus bukanlah anak yang tidak berguna,mereka bahkan banyak memberi sumbangan besar bagi dunia. Autisme adalah suatu kondisi mengenai seseorang sejak lahir ataupun saat masa balita yang membuat dirinya tidak dapat membentuk hubungan sosial atau komunikasi normal, banyak tokoh terkenal dari golongan ini seperti Albert Einstein penemu Teori Relativitas Modern, Isaac Newton penemu Teori Gravitasi telah menunjukkan kemampuan istemewa mereka yang dikatakan anak berkebutuhan khusus,” terang Zola.

"Acara ini memiliki "ruh" penting bahwa semua anak berhak mendapat pendidikan," tegas Zola.

Zola menilai kelebihan anak-anak yang berkebutuhan khusus sangat berbeda dari kebanyakan orang, mereka memiliki konsentrasi lebih tinggi dan kemampuan luar biasa pada bidang yang disenangi. "Anak-anak autis jika sudah senang mereka akan lebih fokus melebihi orang kebanyakan," jelas Zola.

Kepala SLB Harapan Mulia, Yuli Maryati menyampaikan, Autism and Special Needs Children Expo 2017 diselenggarakan untuk memperingati Hari Autis Dunia dengan menggelar berbagai lomba, yang diikuti 300 peserta mulai PAUD hingga jenjang SMA. "Anak-anak berkebutuhan khusus yang mengikuti acara ini," ujar Kepala Sekolah SLB Harapan Mulia ini.

Yuli Maryati mengaku bangga akan kehadiran Gubernur Jambi H.Zumi Zola bersama Bunda PAUD Provinsi Jambi, Hj.Sherrin Tharia Zola yang menyaksikan kemeriahan dan kegembiraan anak-anak autis dan berkebutuhan khusus mengikuti lomba. "Bangga Pak Gubernur datang beserta Bunda PAUD memberi motivasi dan dukungan bagi kita semua," ungkap Yuli Maryati.

Yuli Maryati menilai anak berkebutuhan khusus tidaklah menjadi beban orang tua melainkan kebanggaan memiliki anak yang memiliki potensi luar biasa. "Anak-anak luar biasa dengan kebutuhan khusus," kata Yuli Maryati.

“Acara Autism and Special Needs Children Expo 2017 berlangsung selama dua hari, dan menjadi ajang menggali potensi anak anak luar biasa,” tambah Yuli Maryati.