SEKILAS INFO

EnglishFrenchGermanItalianPortugueseRussianSpanish
  I     I

GUBERNUR TINJAU KESIAPAN ALAT BERAT PU

Posted : 13 Januari 2017 13:23:29

Kamis (12/1) sore, Gubernur Jambi, H.Zumi Zola,S.TP,MA meninjau kesiapan alat-alat berat Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Jambi, bertempat di UPTD Peralatan dan Perbekalan (Alkal) Dinas PU Provinsi Jambi, Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Jambi Selatan, Kota Jambi.

Dalam peninjauan tersebut, Zola didampingi oleh Kepala Dinas PU Provinsi Jambi, Dodi Irawan,ST,MT dan pejabat serta pegawai terkait dari Dinas PU Provinsi Jambi.

Zola meninjau beberapa alat berat seperti motor grader, backhoe loader, serta melihat berbagai perlengkapan alat berat tersebut.

Usai peninjauan, kepada para wartawan yang mewawancarainya, Zola menyatakan bahwa sebagian besar alat berat tersebut dalam kondisi bagus, namun ada juga sebagian kecil yang sudah tidak bisa dipergunakan lagi. "Kita melihat peralatan di Dinas PU Provinsi Jambi seperti apa di Alkal ini. Dari 32 alat berat, ada 6 yang tidak bisa berfungsi. Saya sarankan untuk dilelang, diputihkan, karena kalau kita pelihara juga biayanya terlalu besar, sudah tidak bisa lagi beroperasi dengan efektif. Saya pikir dilelang saja nanti," ujar Zola.

"Sebagian besar alat-alat yang saya lihat tadi, alhamdulillah bagus, ada juga sebagian yang baru pulang dari Tebo, Sungai Penuh, dan Kerinci, dalam penanggulangan tanah longsor," lanjut Zola.

Zola mengatakan, jumlah alat berat tersebut mencukupi, namun harus selalu dirawat sebaik mungkin. "Saya pikir alatnya cukup, tetapi harus diperhatikan perawatannya, supaya umurnya panjang, lebih awet lagi," tambah Zola.

"Juga agar gudang-gudang ini bisa lebih rapi. Sebaiknya alat-alat yang akan diputihkan disatukan, yang masih bisa dioperasikan digunakan," disatukan. Itu masukan dari saya," ungkap Zola.

Kemudian, Zola mengingatkan supaya monitor alat-alat yang bisa disewakan lebih diperketat. "Jangan sampai nanti ada kebocoran, disewakannya sebulan, 30 hari, tetapi laporannya cuma seminggu, jangan sampai itu terjadi. Kita berharap sewa alat itu bisa menambah penerimaan untuk PAD (Pendapatan Asli Daerah) kita," tutur Zola.

Selain itu, Zola menginginkan supaya ada nomor telepon di Dinas PU Provinsi Jambi yang bisa dihubungi oleh masyarakat dalam aduan jalan rusak. "Jadi, aduan masyarakat masuk ke saya masalah jalan, contohnya di Sungai Bahar dan Sungai Gelam, itu harus cepat ditindaklanjuti. Saya minta ke Pak Kadis PU, dalam 3 hari ini, terhitung minggu depan harus sudah ada nomor online yang bisa dihubungi oleh seluruh masyarakat, ketika ada jalan yang rusak, jadi bisa cepat ditindaklanjuti, tidak berlama-lama. Dan, kalau ada yang mau nanya juga boleh, misalnya masyarakat yang mau menanyakan status jalan yang rusak di depan rumahnya, jadi PU Provinsi bisa klarifikasi, dan kita bisa menyampaikan informasi kepada masyarakat," jelas Zola.

"IInsyaallah, kinerja dari Alkal ini bisa ditingkatkan oleh Kadis PU," pungkas Zola.

Selanjutnya, Zola juga meninjau UPTD Balai Pengujian Dinas PU Provinsi Jambi. Dalam peninjauan Balai Pengujian tersebut, Zola melihat langsung berbagai peralatan di Laboratorium air, laboratorium tanah, laboratorium beton, laboratorium aspal, dan ruang Workshop Laboratorium tanah.