SEKILAS INFO

EnglishFrenchGermanItalianPortugueseRussianSpanish
  I     I

HJ. SHERRIN HARAP PENGRAJIN TERUS ANTUSIAS HASILKAN PRODUK INOVATIF

Posted : 04 Juli 2017 09:14:49

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jambi, Hj.Sherrin Tharia Zola berharap agar para pengrajin terus antusias untuk memghasilkan karya inovatif. Harapan tersebut dikemukakan oleh Sherrin Tharia dalam Pertemuan Ketua dan Jajaran Pengurus Dekranasda serta Desainer Barli Asmara dengan Pengrajin Batik dan Songket Jambi, bertempat di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Senin (3/7) malam.

Dalam pertemuan yang berlangsung dari jam 20.00 sampai 22.15 tersebut, Dekranasda yang bekerja sama dengan salah satu desainer nasional ternama, Barli Asmara, yang beberapa bulan terakhir telah memberikan pembekalan bagi pengrajin batik dan songket Jambi, baik pembekalan wawasan maupun pembekalan teknis pengembangan batik dan songket Jambi, mengumpulkan kain batik dan songket Jambi hasil karya para pengrajin dan anak-anak Sekolah Menengah kejuruan (SMK) jurusan Tata Busana Jambi. 

Karya tersebut merupakan kreasi-kreasi batik dan songket Jambi dengan berbagai inovasi motif dan warna baru. Selanjutnya, hasil-hasil karya tersebut akan dinilai, serta terus dikembangkan, dan setelah melalui tahapan-tahapan berikutnya, akan diproduksi dalam jumlah banyak.

Sherrin menekankan supaya antusiasme dan semangat para pengrajin tidak pernah kendor, tidak pernah mundur, namun harus tetap semangat untuk terus berkreasi dan berinovasi untuk terus-menerus menghasilkan karya-karya yang lebih baik lagi, terus berkesinambungan. “Menghasilkan karya itu harus dari kesadaran. Saya minta jangan ada kemunduran. Kita harus terus maintain (pelihara), pertahankan dan konsisten, apalagi jika sudah diproduksi massal,” ujar Sherrin.

“Kami akan terus berusaha menghantarkan para pengrajin, kedepannya akan seperti apa. Posisi saya untuk mendorong semua supaya bisa berkarya lebih baik lagi. Manfaatkan momen ini dengan sebaik-baiknya. Mudah-mudahan di akhir tahun nanti, kita bisa memetik hikmah dengan hasil yang jauh lebih baik,” lanjut Sherrin.

Sherrin menambahkan bahwa kualitas dan kuantitas harus beriringan, harus balance (seimbang). 

 

Sementara itu, Desainer Barli Asmara memberikan penjelasan singkat tentang teknis pengembangan batik dan songket Jambi, termasuk tentang kombinasi warna yang lebih menarik.