SEKILAS INFO

EnglishFrenchGermanItalianPortugueseRussianSpanish
  I     I

Hj. Sherrin: Kader PKK Wajib Pahami 10 Program Pokok

Posted : 18 April 2017 03:34:59

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Jambi Hj. Sherrin Tharia Zola mengingatkan para pengurus dan kader PKK, baik tingkat Kabupaten Kerinci, kecamatan, maupun kelurahan/desa agar memahami tugas dan fungsi yang tertuang dalam 10 Program Pokok PKK. Hal itu dikemukakan oleh Sherrin Tharia dalam Silaturrahmi dengan TP PKK Kabupaten Kerinci, bertempat di Aula Kantor Bupati Kerinci, Senin (17/04/2017).

Kesepuluh Program Pokok PKK dimakdud adalah: 1.Penghayatan dan Pengamalan Pancasila, 2.Gotong Royong, 3.Pangan, 4.Sandang, 5.Perumahan dan Tatalaksana Rumah Tangga, 6.Pendidikan dan Keterampilan, 7.Kesehatan, 8.Pengembangan Kehidupan Berkoperasi, 9.Kelestarian Lingkungan Hidup, dan 10.Perencanaan Sehat.

Sherrin Tharia berharap agar kader PKK bisa mengajak masyarakat untuk mengerjakan dan turut menyukseskan program pemerintah, yang tentunya bermanfaatbagi masyarakat .“Mudah-mudahan, semua Pokja (kelompok kerja) dapat menghasilkan program yang kuat yang benar-benar menghasilkan manfaat bagi masyarakat,” harap Sherrin Tharia.

“Keaktifan para kader PKK akan sangat menentukan keberhasilan gerakan PKK, ibu-ibu pengurus PKK tingkat kabupaten hingga kecamatan harus aktif turun ke PKK Kelurahan untuk memantau sejauh mana 10 Program Pokok PKK telah dapat dilaksanakan,” tutur Sherrin Tharia.

Sherrin Tharia menekankan perlunya pendidikan anak dalam rumah tangga, dimana pendidikan awal sangat sangatmenentukan perkembangan anak dalam mencapai cita-citanya serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia bagi paracalon pemimpin dimasa mendatang tersebut. “Tangunggug jawab kita sebagai orangtua semakin berat, karena di masa sekarang ini persaingan telah terbuka antar negara ASEAN dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Dalam MEA, persaingan bukan hanya antar anak bangsa Indonesia lagi, melainkan juga dengan negara-negara ASEAN lainnya. Untuk itu, kompetisi diri perlu ditingkatkan dengan ilmu dan keahlian,” jelas Sherrin Tharia.

"Jangan ada anak cucu kita yang menjadi penonton di negara sendiri, ini bisa menjadi beban buat negara. Salah satu langkah yang paling tepat yaitu tingkatkan SDM anak kita," sambung Sherrin Tharia.

Selain itu, Sherrin Tharia mengajak para kader PKK untuk menyisihkan sebagian tanah disamping rumah untuk dibuat kolam ikan, karena manfaatnya bagi kesehatan. “Ikan sangat baik dan mudah didapat untuk peningkatan gizi keluarga. Ikan sebagai bahan pangan yang mudah diproduksi dalam berbagai skala, bergizi tinggi, tersedia diseluruh nusantara, diharapkan menjadi solusi, terutama dalam konteks mendukung ketersediaan sumber pangan bergizi yang terjangkau bagi masyarakat," terang Sherrin Tharia.

Sebelumnya, Ketua TP-PKK Kerinci. Hj. Nailil Husna Adirozal menyampaikan, kehadiran Ketua TP PKK Provinsi Jambi dapat memberikan motivasi bagi kader PKK untuk dapat berbuat banyak terhadap kesejahteraan keluarga di tengah masyarakat.

"Kita harus berubah kearah yang lebih baik, tingkatkan potensi diri," pungkasnya.

Ketua TP PKK Kabupaten Kerinci ini memandu tanya jawab antara para kader PKK se Kabupaten Kerinci dengan Ketua TP PKK PRovinsi Jambi dan Ketua TP PKK Kabupaten Kerinci.