SEKILAS INFO

DIHIMBAU KEPADA MASYARAKAT YANG AKAN MELAKSANAKAN PILKADA, MARI KE TPS UNTUK MENENTUKAN PILIHAN PADA TANGGAL 15 FEBRUARI 2017 ... JANGAN GOLPUT.....     MASYARAKAT PROVINSI JAMBI SIAP MEMERANGI NARKOBA     EnglishFrenchGermanItalianPortugueseRussianSpanish
  I     I

SAIFUDDIN HARAP KINERJA PTA TERUS MENINGKAT

Posted : 27 Februari 2017 15:20:19

Mewakil Gubernur Jambi, Asisten Bidang Administrasi Umum (Asisten III) Sekda Provinsi Jambi, H. Saifudin berharap agar kinerja Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Jambi terus meningkat. Harapan tersebut dikemukakan oleh Saifuddin dalam Peringatan Ulang Tahun ke-24 Pengadilan Tinggi Agama Jambi, bertempat di Aula Kantor Pengadilan Tinggi Agama Jambi, pada Senin (27/2) siang.

Saifuddin menyatakan, momen ulang tahun dimaknai sebagai momen untuk memperkuat komitmen untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab.

Saifuddin menyoroti masih banyaknya perkawinan dibawah tangan dan banyaknya perceraian, yakni terjadi 300.000 kasus perceraian se nasional pada tahun 2014 dan rata-rata 3.000 kasus perceraian di Provinsi Jambi.

Selanjutnya, Saifuddin mengharapkan supaya sinergi Pemerintah Daerah dan Pengadilan Tinggi Agama/ Pengadilan Agama bisa ditingkatkan secara berkesinambungan.

Direktur Pembinaan Teknis Mahkamah Agung, Dr. H. Fauzan menyatakan,  pengadilan, termasuk pengadilan Tinggi Agama harus memberikan keadilan dan kepastian hukum.

Fauzan mengatakan, terkait inovasi dalam pelayanan peradilan, yakni pelayanan yang berbasis IT, Mahkamah Agung bekerjasama dengan Australia.

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jambi, H. Jayusman, atas nama Mahkamah Agung mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Jambi dan Pemerintah Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi atas bantuan Pemerintah Daerah kepada Pengadilan Tinggi Agama,  yaitu bantuan berupa aset tanah yang dihibahkan oleh Pemerintah Daerah kepada Mahkamah Agung, serta atas bantuan berupa 1 unit mobil operasional dari Pemerintah Provinsi Jambi kepada Pengadilan Tinggi Agama pada 4 tahun yang lalu.

Jayusman menyatakan, ada 11 satuan kerja (satker) Pengadilan Tinggi Agama Jambi yang meliputi masalah-masalah tumah tangga dan istbat nikah. Di Provinsi Jambi, lanjut Jayusman, masih puluhan ribu yang belum punya akad nikah, dan sedang diprogramkan para bupati/walikota untuk mengatasinya. "Buku nikah itu harus ditunjukkan ketika naik haji,"  ujar Jayusman.

Ketua Panitia, H. Mahmud Azis menyampaikan, ada 4 kegiatan yang dilaksanakan dalam peringatan ulang tahun ke-24 Pengadilan Tinggi Agama Jambi, yakni:
1. Santunan kepada 3 panti asuhan di Jambi, 2. Pertandingan olahraga, yaitu tenis lapangan, tenis meja, dan bola voli, 3. Launching SMS Center dan ATR, sistem layanan cepat dari Pengadilan Agama Bulian, Kabupaten Batanghari, dan 4. Pelepasan 3 orang hakim Pengadilan Tinggi Agama Jambi yang sudah purna bakti.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jambi menyerahkan sertifikat tanah kepada Ketua Pengadilan Agama Tanjung Jabung Timur dan Tebo, penyerahan cindera mata dari Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jambi kepada Asisten III yang mewakili Gubernur Jambi dan kepada Direktur Pembinaan Teknis Mahkamah Agung, serta penyerahan piagam dan tropi pemenang lomba olahraga dalam rangka ulang tahun ke-24 Pengadilan Tinggi Agama Jambi.

Usai pemotongan tumpeng, dilakukan Launching Inovasi Pengadilan Agama Muara Bulian, yakni Launching SMS Center dan ATR (Aplikasi Tape Recorder) Pengadilan Agama Muara Bulian.