SEKILAS INFO

DIHIMBAU KEPADA MASYARAKAT YANG AKAN MELAKSANAKAN PILKADA, MARI KE TPS UNTUK MENENTUKAN PILIHAN PADA TANGGAL 15 FEBRUARI 2017 ... JANGAN GOLPUT.....     MASYARAKAT PROVINSI JAMBI SIAP MEMERANGI NARKOBA     EnglishFrenchGermanItalianPortugueseRussianSpanish
  I     I

SEKDA HIMBAU GENERASI MUDA TELADANI AL HABIB HUSEIN BIN AHMAD BARAQBAH

Posted : 06 Februari 2017 07:07:51

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, Drs.H.Erwan Malik,MM menghimbau generasi muda meneladani Al Habib Husein Bin Ahmad Baraqbah, seorang ulama besar yang mensyiarkan agama Islam ke Jambi. Himbauan tersebut dikemukakan oleh Sekda dalam Peringatan Haul ke-265 Al-Habib Husein Bin Ahmad Baraqbah, bertempat di Masjid Ba'alawi, Kelurahan Arab Melayu, Kecamatan Pelayangan, Kota Jambi, Sabtu (4/2) siang.

Sekda menjelaskan, Al Habib Husein Bin Ahmad Baraqbah merupakan penyebar Agama Islam di Kota Jambi, yang juga pernah tinggal di Kota Tarim dan India, dan sebelum ke Jambi, tinggal di Aceh, kemudian di Palembang dan di Kepulauan Riau. "Beliau mempunyai hubungan erat dengan Kesultanan Palembang dan Kesultanan Siak," ujar Sekda.

Sekda mengatakan, peringatan haul menjadi momen bagi masyarakat Kota Jambi untuk mengingat lagi sejarah penyebaran agama Islam di Provinsi Jambi dan Kota Jambi khususnya, dengan nilai-nilai Islami yang dapat diteladani.

"Haul ini memberikan pencerahan, khususnya generasi muda, generasi muda harus mengetahui Pak Habib ini tokoh dan ulama besar, yang mensyiarkan agama Islam di Jambi. Beliau jauh-jauh dari Arab sana ke Jambi dalam rangka mensyiarkan agama Islam, dan beliaupun dimakamkan di Jambi. Dengan kegiatan ini, mudah-mudahan generasi muda dapat mencontoh perjalanan hidup beliau dan menjalankan pedoman kepada generasi muda, beginilah perjalanan seorang Habib dalam rangka mensyiarkan agama  Islam," tutur Sekda.

"Saya ingin mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat Provinsi Jambi, mari kita dalam menjalankan syariat agama ini harus berpijak pada dalil dan hujjah yang kuat. Semua pemahaman aqidah, aktivitas ibadah, dan muamalah, adab dan akhlak yang kita lakukan, hendaklah harus benar, meneladani dan mengikuti apa yang telah dicontohkan Rasulullah Shallalahu'alaihi Wasalam dan telah diamalkan sahabat beliau. Karena tiada jalan mencapai keridhoan Allah Azzajalla, melainkan dengan menjalankan syariat Islam yang sesuai tuntutan dan teladan Beliau," terang Sekda.

Sekda juga menghimbau masyarakat supaya mengedepankan dan menjaga keamanan dan kedamaian di Provinsi Jambi.

Selanjutnya, Sekda menghimbau masyarakat untuk menjauhi berbagai permasalahan masyarakat seperti perjudian, dan penyalahgunaan narkoba. "Melalui kesempatan yang berbahagia ini, saya mohon kerjasama para dai, ustadz, dan mubaligh mengintensifkan ceramah, dakwah, dan tausiah yang membahas bahaya narkoba, sehingga akan membawa dampak signifikan dalam masyarakat," harap Sekda.

Sekretaris Daerah Kota Jambi, Ir.Daru Pratomo mengatakan, Pemerintah Kota Jambi akan terus mengembangkan Kota Jambi Seberang sebagai kota wisata religi dan sentra kerajinan Batik dan Kain Jambi.

Ketua Panitia, Helmi Muhammad Baraqbah menyatakan bahwa Haul Al Habib Husein Bin Ahmad Baraqbah telah ditetapkan oleh pemerintah sebagai cagar budaya. Maka dari itu, Helmi berharap agar Pemerintah Provinsi Jambi bersedia menjadikan kegiatan ini sebagai agenda tahunan.

Pada kesempatan tersebut, Ustadz Al Habib Alwi Bin Ali Alhabsyi dan Dr.Hasbullah Ahmad MA memberikan tausiah.