SEKILAS INFO

Bimtek SPSE V4.2 Bagi Penyedia/Rekanan Daerah LPSE Provinsi Jambi akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal : Senin / 7 Mei 2018

Tempat : Ruang Pola Kantor Gubernur Jambi

Pukul : 08.00 WIB

pengumuman lengkap disini

    Beasiswa Pemerintah Australia Program Autralia Awards in Indonesia disini    
EnglishFrenchGermanItalianPortugueseRussianSpanish

SEKDA SIDAK HARGA BAHAN POKOK

Posted : 25 Desember 2017 09:27:03

Menjelang Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, Sekda Melakukan Sidak Harga Di Pasar Angso Duo.

Jambi (Humas Pemprov Jambi) - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, Drs.H.M.Dianto,M.Si bersama Kapolda Jambi sekaligus Ketua Tim Satgas Pangan, melaksanakan Sidak Harga Bahan Pokok Menjelang Natal Tahun 2017 dan Tahun Baru 2018, bertempat di Pasar Angso Duo Jambi, Minggu (24/12/2017) pagi.

Tim Satgas Pangan yang diketuai langsung oleh Kapolda Jambi tersebut langsung turun ke Pasar Angso Duo untuk mengecek harga harga bahan pokok menjelang Natal Tahun 2017 dan Tahun Baru 2018, turut serta pula, Asisten II Setda Provinsi Jambi, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Provinsi Jambi, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jambi, Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jambi dan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi.

Dalam sesi wawancara, Sekda mengemukakan, Tim Satgas Pangan Provinsi Jambi yang dipimpin oleh Bapak Kapolda Jambi, tadi telah turun melaksanakan sidak ke Pasar Angso Duo bersama Pemerintah Provinsi Jambi. Tim Satgas Pangan Provinsi Jambi terdiri dari Pemerintah Provinsi Jambi, Kepolisian Jambi, Bulog Jambi dan Balai POM Jambi. "Dari hasil pantauan di lapangan tadi, sampai dengan saat ini harga bahan pokok di Pasar Angso Duo relatif stabil, walaupun ada kenaikan harganya cuma seribu sampai dua ribu rupiah," ujar Sekda.

"Misalnya harga ayam potong, kalau kemarin harganya 36 ribu rupiah, untuk saat ini menjadi 37 ribu rupiah, begitu pula dengan harga cabe yang naik hanya dua ribu rupiah saja, jadi tidak ada kenaikan yang signifikan menjelang Natal dan Tahun Baru," tutur Sekda.

Sekda menerangkan, kenaikan harga cabe merah disebabkan pasokannya sebagian besar didatangkan dari Pulau Jawa, ada yang dari Tegal dan Brebes. Saat ini alur lalu lintas yang padat menyebabkan datangnya pasokan dari Pulau Jawa ke Jambi sedikit terlambat, terlebih lagi di Pelabuhan Merak yang saat ini sedang padat padatnya di hari liburan Natal dan Tahun Baru ini.

"Kita tadi juga telah melakukan pengecekan, untuk harga daging di Pasar Angso Duo saat ini masih relatif stabil. Alhamdulillah karena stok daging ini cukup sehingga tidak mempengaruhi harga dipasaran, harga daging beku di angka 100 ribu rupiah sedangkan untuk daging segar di angka 120 ribu rupiah," terang Sekda.

Lebih lanjut, Sekda mengatakan, Bulog juga telah mengadakan operasi pasar dengan menempatkan mobil mobil operasi pasar didepan Pasar Angso Duo, untuk bahan bahan pokok pangan seperti beras, minyak sayur, gula dan daging beku, untuk harga beras yang harga normal Rp.9.950,- menjadi Rp.8.100,-. Operasi pasar yang dilakukan Bulog ini untuk menjaga kestabilan harga dibeberapa pasar yang ada di Kota Jambi.

"Pasar Angso Duo ini merupakan barometer kita di Jambi untuk harga harga bahan pokok, jika di Pasar Angso Duo harganya stabil, otomatis harga harga di pasar lainnya yang ada di Kota Jambi juga stabil. Kita selaku Tim Satgas Pangan Provinsi Jambi bersama kepolisian terus memantau kondisi seperti ini dalam rangka menghadapi hari hari besar keagamaan terhadap kondisi kebutuhan pokok masyarakat dan akan langsung disampaikan kepada Pemerintah Pusat," pungkas Sekda. (Richi, foto: Mulyadi, video: Ardi, video drone: Willy Sanu)