SEKILAS INFO

EnglishFrenchGermanItalianPortugueseRussianSpanish
  I     I

SHERRIN THARIA HARAP PKK BISA DORONG MASYARAKAT BIASAKAN KONSUMSI IKAN

Posted : 14 November 2016 06:51:18

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Jambi, Hj.Sherrin Tharia Zola berharap agar PKK bisa mendorong masyarakat untuk membiasakan mengkonsumsi ikan. Hal tersebut dikemukakan oleh Sherrin Tharia dalam SIAL INTERDOOD 2016, bertempat  dI JI Expo, Kemayoran Jakarta, Sabtu (12/11).

Even SIAL INTERFOOD 2016 diselenggarakan dengan kerjasama Tim Penggerak PKK Seluruh Indonesia. SIAL GROUP-INTERFOOD selama ini dikenal sebagai jaringan pameran makanan terbesar di dunia.

Pada kesempatan tersebut, Sherrin Tharia didampingi oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Merangin, Hj.Hesti Al Haris, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Muaro Jambi, Efriyanti Kailani, dan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi, H.Saipudin.

Usai menghadiri serangkaian kegiatan seremonial, Hj.Sherin Tharia Zola yang tampak sangat akrab dengan Ketua Tim Penggerak PKK Pusat, Erni Guntarti Tjahjo Kumolo, bersama rombongan, berkesempatan meninjau dan mencicipi aneka kuliner yang tersaji dari resep Nusantara dari seluruh perwakilan daerah, dan juga dari berbagai organisasi wanita.

Saat diiwawancarai, Hj.Sherin Tharia menyampaikan kekagumanya atas inisiatif dan manfaat yang bisa diambil dari penyelenggaraan SIAL INTERFOOD 2016.

“Saya melihat kegiatan ini sambil belajar dengan provinsi lain, juga dengan para penggiat kuliner dari seluruh Indonesia. Betapa tidak, makanan olahan dari bahan ikan contohnya, bisa diolah sedemikian rupa sehingga menjadi panganan yang saya yakin disukai oleh anak-anak. Kita lihat ya, anak-anak kita sekarang kadang susah dikasi makan ikan, padahal nilai gizi yang terkandung pada ikan tersebut sangat bermanfaat untuk kecerdasan otak pada anak. Nah, di sini kita bisa melihat dan belajar bagaimana ternyata dari ikan bisa diolah jadi bermacam-macam panganan yang selain dari bentuknya, juga rasa yang  pastinya disukai oleh anak-anak,” jelas Sherrin Tharia.

Sherrin Tharia menyatakan Provinsi Jambi dikelilingi oleh perairan, baik sungai, danau, maupun laut, yang artinya Provinsi Jambi sangat kaya dengan bermacam-macam ikan.

Sherrin Tharia mengharapkan supaya PKK Provinsi Jambi dan PKK Kabupaten/Kota se Provonsi Jambi bisa mendorong masyarakat untuk membiasakan konsumsi ikan karena manfaat ikan sangat baik bagi kesehatan, termasuk bagi kecerdasan otak anak.

"Ini juga PR bagi PKK dan pemerintah dalam hal ini Dinas Kelautan dan Perikanan, bagaimana kita berkerjasama supaya budaya makan ikan ini dapat menjadi keseharian, yang rasanya aneh atau ada yang kurang jika anak-anak makan tanpa ikan. Ikan sangat baik untuk kecerdasan anak, jadi jangan sampailah ada anak-anak kita yang kekurangan asupan gizi dan protein dari ikan," ujar Sherrin Tharia.

"Sejauh ini, saya belum pernah mendapatkan informasi ada warga kita yang kesulitan dalam mendapatkan ikan, karena Provinsi Jambi memang kaya dengan aneka jenis ikan. Melalui kesempatan yang baik ini, saya ingin sekali menghimbau masyarakat Provinsi Jambi untuk membiasakan mengkonsumsi ikan," tutur Sherrin Tharia.

Lebih lanjut, Sherin Tharia menyampaikan, bahwa di Jambi akan ada kegiatan Forikan, dan Sherrin berharap agar momen itu bukan hanya seremonial, seperti slogan “Ayo makan ikan, ayo, ayo, tetapi supaya ada riilnya. 

"Saya tidak mau orang cuma datang, dengarin, pulang  sudah itu lupa, tetapi saya ingin ada sajian beraneka ragam panganan ikan yang seperti disini dengan macam-macam bentuk dan rasa yang bisa dipelajari cara membuatnya,sekaligus bisa dinikmati oleh masyarakat yang datang. Selanjutnya,bisa jadi cerita di rumah dan bisa jadi menu untuk keluarga, terang Sherrin Tharia.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi, H.Saipudin menyatakan,"Insyaallah, Forum peningkatan Produksi Ikan atau ForIkan akan kita gerakan dan insyaalah pada bulan ini juga akan kita adakan Jambore ForIkan dalam rangka mengumpulkan semua potensi, inilah yang kita harapkan dari seluruh kabupaten/kota. Dan, pemenang dari Jambore Forikan tingkat Provinsi Jambi tahun 2016 ini, akan mewakili Provinsi Jambi untuk mengikuti kegiatan yang saat ini dilaksanakan di Ji Expo.