SEKILAS INFO

EnglishFrenchGermanItalianPortugueseRussianSpanish
  I     I

WAGUB HARAP FESTIVAL GEOPARK MERANGIN JADI EVEN WISATA BESAR NASIONAL

Posted : 12 September 2017 07:55:56

Masyarakat Diminta Ikut Ciptakan Daya Tarik bagi WisawatanWakil Gubernur (Wagub) Jambi, Dr. Drs. H. Fachrori Umar, M.Hum berharap agar Festival Geopark (Taman Bumi) Merangin menjadi even wisata besar nasional yang mampu mendatangkan banyak wisatawan ke Provinsi Jambi khususnya ke Kabupaten Merangin, yang selanjutnya diharapkan dapat meningkatkan perekonomian daerah. Harapan tersebut dikemukakan Wagub saat membuka Festival Pesona Geopark Nasional Merangin Jambi (FPGNM) 2017, bertempat di Taman Batu Kabupaten Merangin, Senin (11/09/2017). Tema acara tersebut adalah “Dengan Festival Geopark Nasional Merangin Jambi Menuju Global Geopark Network-UNESCO."

Untuk mendukung Festival Geopark Merangin menjadi even wisata besar nasional, Wagub meminta masyarakat dan selutuh pihak terkait ikut menciptakan daya tarik bagi wisatawan, dengan tetap melestarikan budaya.

Wagub juga mengharapkan agar melalui Festival  Pesona Geopark Merangin dapat meningkatkan kecintaan generasi muda dan masyarakat dengan seni budaya asli bangsa, untuk dilestarikan dan mengangkat citra kesenian tradisional. 

Wagub menyampaikan, Geopark Merangin merupakan salah satu Geopark Nasional yang ada di Indonesia, salah satu kelebihan Geopark Merangin selain pemandangan alamnya yang menakjubkan, geopark ini juga menyimpan harta karun peninggalan peradaban dunia yang menjadi sejarah pembentukan bumi, yang diperkirakan oleh para ahli, usia harta karun tersebut tahun.

 

"Saya mengajak kita semua untuk terus memperkenalkan dan mempromosikan taman wisata yang berada di Provinsi Jambi, sehingga keberadaannya menarik minat wisatawan domestik, nasional bahkan mancanegara untuk datang berkunjung di Merangin ini," kata Wagub.

Wagub berharap supaya Festival Geopark Merangin mampu menambah wawasan bagi masyarakat tentang budaya dan wisata di Jambi serta bisa meningkatkan perekonomian masyarakat serta mampu mendongkrak kunjungan wisata ke Provinsi Jambi.

Lebih lanjut Wagub menjelaskan, saat ini pelancong lebih senang mencari tempat-tempat yang unik dan alami yang penuh keindahan alam, lingkungan yang bersih yang memiliki warisan sejarah, seni budaya serta atraksi budaya yang menarik dan spesifik, seperti arung jeram di Geopark Merangin. “Arung jeram ini akan kita jadikan even nasional," ungkap Wagub.

“Saya mengajak seluruh masyarakat, ajak keluarga anak dan istri untuk melihat dan menyaksikan Festival Geopark Merangin, banyak daerah kita yang masih bagus serta alami tidak kalah dengan daerah lain, keindahan alam Jangkat dan panorama Danau Pauh, membuat daya tarik daerah tersebut," ujar Wagub.

Mewakili Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Bisnis, Tazbir menyampaikan, sangat mengapresiasi usaha yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jambi dan Kabupaten Merangin untuk meningkatkan pariwisata di Jambi. "Sebagai bentuk keseriusan, Pemerintah Pusat sangat komitmen untuk memajukan dunia pariwisata, diantaranya dengan membuka semua akses penerbangan dan perluasan bandara di mana-mana," kata Tazbir.

"Merangin merupakan suatu peluang yang baik untuk pengembangan objek pariwisata alam, saya sudah berkeliling dari kemarin, memang betul banyak yang harus kita jual melalui pariwisata, alamnya bagus, ada danau, gua juga banyak, ada Batu Sungkai, tinggal bagaimana kita menarik wisata untuk datang ke Merangin," sambungnya.

"Kita mengharapkan masyarakat bisa membantu pemerintah dalam menciptakan ketertiban, keamanan, kebersihan. Kalau ini sudah di penuhi, Insya Allah kita akan dikunjungi oleh pelacong baik lokal maupun mancanegara" jelas Tazbir.

Sebelumnya, Bupati Merangin, Al-Haris menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kementerian Pariwisata RI yang telah memberi kepercayaan untuk melaksanakan Festival Geopark Nasional Merangin Jambi untuk pertama kali. "Dengan adanya kepercayaan Pemerintah Pusat, Insya Allah tahun mendatang akan kami laksanakan lebih baik lagi," kata Al-Haris.

Al-Haris menjelaskan bahwa Festival Geopark Merangin sebagai bentuk keseriusan dan antusias Pemerintah bersama masyarakat untuk mengembangkan warisan budaya dan wisata di Kabupaten Merangin. "Kita sangat mengharapkan sekali pengakuan dari UNESCO tentang keberadaan Geopark Merangin sebagai warisan dunia," kata Al-Haris.

"Geopark Merangi baru dapat pengakuan secara nasional pada tahun 2014, Festival Geopark Merangin ini akan dijadikan agenda tahunan nantinya. Objek wisata bukan saja untuk dipuji oleh masyarakat, tapi juga sebagai tempat ekonomi baru bagi masyarakat," tutur Al-Haris.

Pembukaan Festival Pesona Geopark Nasional Merangin Jambi ditandai Pemukulan Gong oleh Wagub Fachrori Umar yang didampingi oleh Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Bisnis, Bupati Al-Haris, dilanjutkan dengan peninjauan Batu Sungkai yang berukuran lebih kurang berdiameter 40 cm dan peninjauan stan lainya.