SEKILAS INFO

Pengumuman Pendaftaran Seleksi Anggota KIP Jambi Periode 2018-2022 di menu Pansel KIP     EnglishFrenchGermanItalianPortugueseRussianSpanish
  I     I

WAGUB HARAP MERANGIN FOKUSKAN PENINGKATAN NILAI TAMBAH PRODUK DAERAH

Posted : 24 Desember 2017 10:47:26

Bangko (Humas Pemprov Jambi) - Wakil Gubernur (Wagub) Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum beserta Ketua Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi Jambi, Hj.Rahima Fachrori Umar menghadiri Rapat Paripurna Istimewa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Merangin, dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-68 Kabupaten Merangin Tahun 2017, bertempat di Gedung DPRD Kabupaten Merangin, Sabtu (23/12/2017) siang. Pada kesempatan tersebut, Wagub berharap agar Pemerintah Kabupaten Merangin fokus pada peningkatan nilai tambah produk daerah, terutama produk unggulan daerah Merangin.
 
HUT Kabupten ke-68 Merangin Tahun 2017 ini mengambil tema "Dengan HUT Kabupaten Merangin, Kita Perkuat Persatuan dan Kesatuan Guna Memantapkan Keberhasilan Pembangunan untuk Kesejahteraan Masyarakat."

Wagub mengemukakan, sektor pertanian merupakan pekerjaan yang dilakukan oleh masyarakat, hendaknya program pembangunan Pemerintah Daerah difokuskan kepada peningkatan nilai tambah produk unggulan daerah, seperti karet dan kelapa sawit, hilirisasi karet dan kelapa sawit harus terus didorong oleh Pemerintah Daerah, untuk lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Wagub mengungkapkan, melalui momentum peringatan HUT Kabupaten Merangin ini, harus lebih meningkatkan semangat agar bisa lebih baik lagi dalam pelaksanaan pembangunan di masa yang akan datang, karena tantangan untuk kedepannya tidaklah mudah untuk lebih meningkatkan kualitas pendidikan, kesehatan, dan pembangunan ekonomi yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mengentaskan kemiskinan serta menciptakan lapangan pekerjaan.

"Saya hanya mengingatkan kembali beberapa hal yang berkaitan dengan tugas dan tanggung jawab kita sebagai Pemerintah dalam mensejahterakan masyarakat, yaitu memberikan pelayanan kepada masyarakat, melaksanakan pembangunan dan memberdayakan masyarakat," ujar Wagub.

Selanjutnya, Wagub mengatakan agar Pemerintah Kabupaten Merangin bersinergi dengan semua pihak terkait untuk terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia, terutama para generasi muda. Program peningkatan kualitas sumber daya manusia harus dilakukan secara terarah, fokus, dan berkelanjutan agar menghasilkan generasi generasi penerus yang semakin berkualitas.

"Kita sangat berharap, geliat ekonomi yang baik di Provinsi Jambi bisa dimanfaatkan dan dinikmati oleh masyarakat Jambi, bukan hanya menjadi penonton. Kita harus lebih mengembangkan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia, sesuai dengan potensi yang ada di daerahnya masing masing," tutur Wagub.

Bupati Merangin, Dr.H.Al Haris,S.Sos,MH menyampaikan, pelaksanaan HUT Kabupaten Merangin kali ini merupakan tahun kedua yang dilaksanakan setiap tanggal 22 Desember, sebelumnya dilaksanakan setiap tanggal 5 Agustus. Perubahan hari jadi Kabupaten Merangin ini tentu sudah melalui kajian dan meminta pendapat dari para tokoh masyarakat, tokoh adat, Pemerintah Kabupaten Merangin dan DPRD Kabupaten Merangin, sehingga lahirnya Peraturan Daerah Nomor 04 Tahun 2016 tentang Hari Jadi Kabupaten Merangin jatuh pada tanggal 22 Desember 1949.

"Melalui momentum ini, mari kita bersama sama lebih meningkatkan pembangunan di Kabupaten Merangin agar masyarakat lebih sejahtera lagi dari sebelumnya. Kita juga harus bersyukur atas pembangunan yang telah kita lakukan sampai saat ini," ungkap Al Haris. (Richi/edit: Mustar, foto: Kamarul Zaman, video: Said Usman).