SEKILAS INFO

EnglishFrenchGermanItalianPortugueseRussianSpanish
  I     I

WAGUB LEPAS KEBERANGKATAN JEMAAH CALON HAJI PROVINSI JAMBI

Posted : 21 Agustus 2017 08:13:25

 

Wagub Berpesan untuk Selalu Perbanyak Dzikir dan Tahmid

Wakil Gubernur (Wagub) Jambi, Dr. Drs. H. Fachrori Umar, M.Hum berpesan kepada jemaah calon haji untuk selalu memperbanyak dzikir dan tahmid kepada Allah SWT karena momen ibadah haji ini adalah momen yang sangat baik untuk memperbanyak pahala. Hal ini disampaikan Wagub saat Melepas Jemaah Calon Haji Tahap III Kloter 22 Provinsi Jambi Tahun 2017 M / 1438 H Embarkasi Antara Jambi, bertempat di Gedung Arafah Asrama Haji Kota Baru, Minggu (20/08/2017) sore.

Pelepasan Jemaah Calon Haji Kloter 22 Provinsi Jambi Tahun 2017 M/ 1438 H diawali dengan pembacaan ayat suci Al Qur'an oleh Rajo Bungsu,M.Pd.I

Wagub mengatakan, ibadah haji merupakan momen yang ditunggu atau impian yang menjadi kenyataan. Jemaah calon haji harus menyadari bahwa ada banyak orang orang  yang mempunyai kemampuan, baik dari segi materil maupun fisik, tetapi tidak mendapatkan kesempatan untuk menunaikan ibadah haji.

"Saya ucapkan selamat kepada para jemaah calon haji yang telah mendapatkan panggilan dari Allah SWT, dan berkesempatan untuk melaksanakan Rukun Islam yang kelima pada tahun ini," ujar Wagub.

Wagub menyampaikan jemaah calon haji untuk selalu menjaga kesehatan yang merupakan modal utama dalam menunaikan ibadah haji, terlebih dengan kondisi cuaca di Mekkah dan Madinah yang tidak menentu sehingga menimbulkan masalah kesehatan bagi orang orang yang menunaikan ibadah haji.

"Saya berpesan untuk banyaklah minum air putih dan makanan yang bergizi serta buah buahan, setidaknya setiap satu jam sekali untuk minum air putih dan jangan meminum air es atau air yang dingin," pesan Wagub.

Lebih lanjut, Wagub menambahkan supaya jemaah calon haji menjaga nama baik bangsa Indonesia, khususnya Provinsi Jambi. Para jemaah calon haji hendaknya memperhatikan masalah kedisiplinan dan ketaatan atas segala ketentuan yang ada dan mengikuti petunjuk dari ketua rombongan serta petugas lainnya demi kesempurnaan ibadah haji yang dijalankan.

"Kami mewakili keluarga yang ditinggalkan selalu berdoa agar saudara saudara sekalian selamat sampai tempat tujuan dan dapat melaksanakan haji dengan baik. Selamat jalan, semoga dalam perjalanan berangkat dan pulang senantiasa mendapat perlindungan dari Allah SWT," pungkas Wagub.

Sebelumnya, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi, Drs.H.M.Thahir,M.HI menyampaikan, Calon Jemaah Haji Provinsi Jambi yang telah diberangkatkan dan yang akan diberangkatkan, seluruhnya berjumlah 2.948 orang dan terdiri dari 7 kloter pemberangkatan.

"Hari ini merupakan pemberangkatan ketiga, tergabung dalam kloter 22 yang berasal dari Kabupaten Bungo sejumlah 344 orang dan Kabupaten Merangin sejumlah 99 orang, dengan total 443 orang," terang Thahir.

Selanjutnya, Thahir menambahkan, pemberangkatan calon jemaah haji kloter 22 Provinsi Jambi akan dilaksanakan dari Asrama Haji Provinsi Jambi menggunakan 12 unit bus ke Bandara Sultan Thaha Syaifuddin Jambi dan selanjutnya menggunakan 3 unit pesawat menuju Bandara Hang Nadim Batam dan selanjutnya akan diberangkatkan menuju Jeddah, kemudian akan ditempatkan di maktab 63 wilayah Arraudah.

Selain itu, para calon jemaah haji diberikan oleh-oleh berupa Sambal Lingkong Ikan Patin yang merupakan program dari Gubernur Jambi dan Wakil Gubernur Jambi melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi.

Ada 2 orang jemaah calon haji kloter 22 Provinsi Jambi yang dibatalkan atau ditunda keberangkatannya, dikarenakan sakit, atas nama Ali Amran Yaqub dan Hasan Basri.

Pelepasan jemaah calon haji Kloter 22 Provinsi Jambi ditandai dengan penyerahan Bendera Merah Putih oleh Wakil Gubernur Jambi kepada ketua rombongan dan dilanjutkan masuk ke dalam bis untuk diberangkatkan ke Bandara Sultan Thaha Syaifuddin Jambi.