SEKILAS INFO

Dibuka kesempatan bagi setiap WNI yang berkompeten untuk menjadi Anggota Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Jambi Masa Bakti 2017-2020, Persyaratan dapat dilihat pada menu bagian atas website jambiprov.go.id.

   
EnglishFrenchGermanItalianPortugueseRussianSpanish
  I     I

WAGUB: PERHATIAN TERHADAP LANSIA DIUPAYAKAN TERUS DITINGKATKAN

Posted : 10 November 2016 07:10:51

Wakil Gubernur (Wagub) Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum menyatakan bahwa perhatian terhadap kaum lanjut usia (Lansia) diupayakan terus ditingkatkan. Hal itu dikemukakan oleh Wagub dalam Rapat Komisi Daerah Lanjut Usia (Komda Lansia), bertempat di Ruang Rapat Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, Kantor Guberur Jambi, Rabu (9/11) siang.

 

Rapat tersebut diikuti oleh seluruh instansi terkait dalam kepengurusan Komda Lansia Tingkat Provinsi Jambi, baik instansi dalam Pemerintah Provinsi Jambi, yakni Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Biro Kesramas, Dinas Kesehatan, Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemberdayaan Perempuan, Dinas Perhubungan, Dinas PU, Bappeda, PKK Provinsi Jambi, BKOW Provinsi Jambi, maupun instansi lainnya, yaitu BKKBN, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, Bank Jambi, Kementerian Agama Provinsi Jambi, Kantor Kemenhumkam Provinsi Jambi.

 

Wagub mengatakan, kaum lansia harus terus diperhatikan oleh pemerintah dan pihak terkait. Untuk itu, Pemerintah Provinsi Jambi beserta Komda Lansia Provinsi Jambi akan mengkomunikasikan sekaligus menghimbau kepada seluruh Pemerintah Kabupaten/Kota supaya memberikan perhatian yang lebih baik lagi terhadap kaum Lansia.

 

Guna terus meningkatkan kualitas program kerja Komda Lansia Provinsi Jambi, Wagub menerima masukan dari semua peserta rapat. Wagub menekankan, meskipun ditengah keterbatasan anggaran, Komda Lansia harus terus memikirkan upaya meningkatkan perhatian dan pelayanan bagi lansia, termasuk dengan hal-hal yang berbiaya relatif kecil, seperti memikirkan cara antrian yang lebih baik bagi pensiunan yang mengambil gaji pensiunan pegawai di Bank Jambi.

 

 

Sebelumnya, Sekretaris Komda Lansia Provinsi Jambi, Rafli Nur, SH menyatakan, Komda Lansia Provinsi Jambi telah melakukan pendataan lansia di 56 kecamatan di Provinsi Jambi, dan dari pendataan tersebut, terdapat 14.704 lansia terlantar. "Untuk daerah Tingkat II yang datanya hampir lengkap adalah di Kota Jambi dan Kabupaten Merangin," ujar Rafli Nur.

 

Rafli Nur mengatakan, guna meningkatkan kinerja Komda Lansia Provinsi Jambi dalam memberikan pelayanan kepada Lansia, Komda Lansia Provinsi Jambi telah melakukan studi banding ke Provinsi Jawa Timur. Dan, dari studi banding tersebut didapatakan bahwa di Jawa Timur, Komda Lansia sudah sampai ke tingkat desa yang dinamakan Karang Wedah. Jawa Timur sudah punya Perda dan Keputusan Gubernur tentang Lansia. Dan, di Jawa Timur, paling tidak 5 orang lansia di 1 desa yang disantuni.

 

Dikatakan oleh Rafli Nur, anggaran Komda Lansia Provinsi Jambi untuk tahun anggatan 2016 senilai Rp 3 miliar 188 juta yang berasal dari APBN, terbanyak di Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jambi, berwujud uang tunai senilai Rp200 ribu per orang per bulan, untuk 700 orang.

 

Rafli Nur menjelaskan, di Provinsi Jambi,  Perda tentang Lansia masih dalam proses, menunggu konsultasi di DPRD untuk dijadikan Perda.

 

Kegiatan untuk Lansia, lanjut Rafli Nur, ada juga di Dinas Kesehatan dan BKKBN. "Senam Lansia dan pengobatan gratis untuk lansia sudah sampai tingkat desa," ungkap Rafli Nur.

Rafli Nur mengatakan, payung hukum Komda Lansia sudah kuat, berupa undang-undang, Peraturan Presiden, Peraturan Menteri Dalam Negeri, dan Keputusan Gubernur.

 

Selain itu, Rafli Nur menyatakan, Kyai Satar dari Kabupaten Merangin mendapat penghargaan dari Pemerintah Pusat atas perannya dalam mengasuh dan menyantuni 271 orang lansia.