SEKILAS INFO

EnglishFrenchGermanItalianPortugueseRussianSpanish
  I     I

ZOLA : PEMPROV DORONG PROGRAM PERTANIAN UNTUK TINGKATKAN PENDAPATAN PETANI

Posted : 02 November 2017 09:12:52

Rantau Rasau (Humas Pemprov Jambi) - Gubernur Jambi, H.Zumi Zola Zulkifli,S.TP,MA mengemukakan, Pemerintah Provinsi Jambi selalu mendorong program-program pertanian untuk meningkatkan pendapatan petani, salah satunya memberikan bantuan bibit dan alat mesin pertanian. Hal tersebut dikemukakan Gubernur Zola pada acara Panen Jagung bersama Kelompok Tani Tunas Muda di Desa Karya Bakti Kecamatan Rantau Rasau Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Rabu (01/11/2017) siang.

Pengelolaan pertanian jagung ini menerapkan teknologi pertanian serta kontribusi mahasiswa-mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) dan para penyuluh pertanian.

Pada acara panen Jagung tersebut, Gubernur Zola langsung mencoba alat perontok jagung (mesin combine) dan dilanjutkan dengan mengawali panen jagung bersama masyarakat Desa Karya Bakti. Gubernur Zola juga memberikan bantuan berupa pupuk dan bibit kepada petani.

Gubernur Zola menyampaikan, Pemerintah Provinsi Jambi memiliki komitmen yang sangat tinggi terhadap pertanian, misalnya untuk masalah irigasi bisa dibantu dengan program Pemerintah Provinsi Jambi yang menyediakan satu alat berat untuk satu Kecamatan, jadi alat berat tersebut bisa digunakan untuk membuat irigasi.

"Bapak Bupati tadi menanyakan kepada saya, apakah boleh alat perontok jagung ini ditinggal saja untuk Kabupaten Tanjung Jabung Timur, kemudian saya mengatakan jangan tahun ini, tetapi tahun depan akan saya berikan 7 buah," ungkap Zola.

Gubernur Zola mengungkapkan, semua program Pemerintah Provinsi Jambi, termasuk pertanian, hanya akan sukses jika didukung penuh oleh masyarakat Provinsi Jambi, khususnya petani dan penyuluh pertanian untuk program pertanian.

"Saya memberikan apresiasi atas panen jagung ini, tadi saya lihat kuantitasnya banyak yang diikuti dengan kualitas yang bagus pula," tutur Zola.

Lebih lanjut, Gubernur Zola mengatakan, para petani jangan khawatir, kalau hasil panen jagungnya tidak ada yang membeli, karena pembeli untuk jagung ini sangat banyak sekali, seperti yang telah dikatakan Bapak Menteri Pertanian RI beberapa waktu yang lalu.

"Pembeli untuk jagung ini banyak sekali, karena permintaan yang tinggi, bahkan masih kekurangan hasil panen jagung yang akan dibeli. Bapak Menteri Pertanian RI meminta Provinsi Jambi untuk menyiapkan lebih kurang 50.000 hektare di 11 Kabupaten/Kota. Kita tinggal mencari lahan yang siap untuk ditanami jagung dan petaninya terbiasa menanam jagung," terang Zola.

Gubernur Zola menambahkan, menjadi suatu tantangan dalam melaksanakan program pertanian di wilayah pasang surut, tentu dalam hal ini sangat dibutuhkan teknologi-teknologi dan pendekatan kepada masyarakat. "Untuk itu saya juga mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa-mahasiswa IPB yang telah bekerjasama menerapkan teknologinya di daerah ini, serta penyuluh pertanian yang selalu setia dalam mendampingi petani," pungkas Zola.

Bupati Tanjung Jabung Timur, H.Romi Hariyanto,SE menyampaikan, masyarakat Desa Karya Bakti bersama dengan mahasiswa-mahasiswa IPB telah membuktikan, bahwa melalui sentuhan teknologi bisa mengubah lahan pertanian yang tidak bisa dimanfaatkan menjadi sangat bermanfaat.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Gubernur Jambi atas perhatian yang telah diberikan untuk Kabupaten Tanjung Jabung Timur serta memberikan apresiasi kepada mahasiswa-mahasiswa IPB serta penyuluh pertanian, berkat kerja sama yang baik, kita dapat melaksanakan panen jagung pada hari ini," ujar Romi. (Richi/edit: Mustar, foto: Novriansah, video: Ardi).