SEKILAS INFO

EnglishFrenchGermanItalianPortugueseRussianSpanish
  I     I

GUBERNUR : BUKA PUASA UNTUK MENINGKATKAN KETERPADUAN PEMBANGUNAN SUMBAGSEL

Posted : 20 Juni 2017 07:54:32

GUBERNUR : BUKA PUASA UNTUK MENINGKATKAN KETERPADUAN PEMBANGUNAN SUMBAGSEL

Gubernur Jambi, H. Zumi Zola, S.TP, MA mengemukakan bahwa tujuan utama buka puasa bersama dengan BKMS (Badan Koordinasi Masyarakat Sumbagsel), selain untuk mempererat silaturahmi masyarakat Sumbagsel yang ada di Jakarta dan sekitarnya, adalah untuk meningkatkan kesatupaduan program pembangunan di kawasan Sumbagsel, yang akan menngakselerasi kemajuan regional Sumbagsel. Hal tersebut dikatakan Zola dalam Buka Puasa Bersama Badan Koordinasi Masyarakat Sumbagsel di Balairung Soesilo Soedarman Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata RI jalan Medan Merdeka No.17 Jakarta Pusat, Senin (19/06/2017).

"Selain masalah silaturahim ini juga yang sangat penting adalah untuk bagaimana membangun Sumbagsel ini supaya bisa lebih maju. Kita menginginkan juga ada suatu konsep kesamaan. Saya sampaikan tadi Sumbagsel itu tidak jauh-jauh dari infrastruktur, Jambi juga sama seperti itu," ujar Zola.

"Kita berharap silaturrahim ini tetap terjaga dan program pembangunan di lima provinsi Sumbagsel ini selalu tetap bersinergis. Seperti yang disampaikan oleh Profesor Jimly tadi, dari lima provinsi ini nanti akan duduk bersama Bappeda nya untuk dapat mensinergikan serta menyepakati setiap kebijakan. Kita ingin ada suatu kerjasama yang lebih Solid kedepan antar lima provinsi ini. Hal ini akan semakin memperkuat aspirasi dari daerah kepada Pak Presiden," sambung Zola.

Zola mengatakan, beban dan tantangan pemerintah dalam melaksanakan pembangunan sangatlah besar, terutama masalah pendanaan, kadang-kadang pelimpahan wewenang oleh Pemerintah Pusat tidak diikuti dengan pelimpahan keuangan, sehingga menjadi beban bagi Pemerintah Daerah, di sisi lain, tuntutan masyarakat akan pembangunan semakin besar. "Untuk itu, kerjasama kita semua dalam melaksanakan proses pembangunan daerah Sumbagsel sangat dibutuhkan. Semua akan terasa lebih mudah jika ada kerjasama, partisipasi, bertukar pikiran dengan seluruh komponen masyarakat baik di daerah masing-masing termasuk dengan tokoh-tokoh kita yang tinggal di Jakarta," ungkap Zola.

Zola menambahkan, dirinya merasa sangat bangga bahwa daerah Sumbagsel banyak memiliki tokoh-tokoh yang berhasil berkiprah di tingkat nasional. "Dengan peran serta akses informasi yang mereka miliki, kita tokoh-tokoh kita ini dapat berkontribusi banyak terhadap daerah Sumbagsel. Zola juga mengharapkan agar silaturahmi yang telah terjalin selama ini dapat lebih memberikan energi yang positif dalam membangun daerah Sumbagsel, tanah leluhur yang sama-sama dicintai.

"Mungkin tidak berapa lama lagi kita juga menyambut Idul Fitri, jadi Saya sekeluarga secara pribadi dan juga atas nama Pemerintah Provinsi Jambi mengucapkan minal aidin walfaizin, mohon maaf lahir dan bathin. Kepada yang mau mudik, saya ucapkan hati-hati di jalan, mudah-mudahan selamat sampai ke kampung halaman dan kembali lagi ke Jakarta," pungkas Zola.

Ketua Umum BKMS (Badan Koordinasi Masyarakat Sumbagsel), Prof.DR.Jimly Asshiddiqie menyampaikan bahwa silaturahmi dan buka puasa bersama bersama Gubernur Jambi dan masyarakat Sumbagsel, khususnya dari Jambi yang ada di Jakarta ini merupakan tradisi yang dibangun untuk mempererat kekompakan masyarakat Sumbagsel di lima provinsi yaitu Sumsel, Lampung, Bengkulu Jambi, dan Bangka Belitung. 

"Dulu ini satu-satu kesatuan masyarakat tetapi dipisah oleh administrasi pemerintahan tapi kulturnya sama, adat istiadatnya sama. Kita ingin ada kebutuhan interkonektivitas, bukan hanya fisik infrastruktur ekonomi tapi juga interkonektivitas sosial karena kita punya sejarah yang sama dan kita ingin ada apa regionalisme pembangunan, misalnya ada ide dari Gubernur Bangka Belitung supaya ada jembatan ke OKI, lalu yang kedua Selat Sunda, rencana untuk bikin jembatan ke Pulau Jawa yaitu supaya dihidupkan lagi, lalu jalan kereta api dan tol antar provinsi yang diharapkan bisa mempersatukan ekonomi lima provinsi ini sehingga bisa lebih cepat memakmurkan masyarakat. Ide ini muncul karena yang namanya semangat untuk silaturahmi ini," kata Prof. Jimly.

"Tadi sudah kita bicarakan juga dalam waktu dekat Bappeda lima provinsi ini akan mengadakan pertemuan termasuk juga dengan anggota DPD dan anggota DPR dari dapil lima provinsi untuk membahas perencanaan strategi pembangunan bersama," jelas Prof. Jimly lagi.

Sementara itu, Ketua Panitia penyelenggara Zainal Abidin, SH menyampaikan, buka puasa bersama dengan Gubernur Jambi dan Wakil Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum dihadiri lebih kurang 400 orang tokoh dan masyarakat dari lima provinsi se Sumbagsel dan direncanakan akan bertemu kembali pada halal bihalal masyarakat se Sumbagsel pada akhir bulan Juli atau selambat-lambatnya bulan Agustus 2017 di gedung Nusantara IV DPR/MPRRI Senayan Jakarta.

 

Turut hadir dalam buka puasa bersama ini Ketua TP PKK Provinsi Jambi Hj. Sherrin Tharia Zola, Ketua Lembaga Adat Melayu Jambi, Sesepuh dan Tokoh Masyarakat Sumbagsel yang ada di Jakarta, warga masyarakat Sumbagsel yang ada di Jakarta serta para undangan lainnya.