SEKILAS INFO

EnglishFrenchGermanItalianPortugueseRussianSpanish
  I     I

Wagub Tegaskan Pungli Berdampak Buruk Pada Ekonomi dan Pembangunan

Posted : 15 Maret 2017 08:40:01

Wagub Tegaskan Pungli Berdampak Buruk Pada Ekonomi  dan Pembangunan

Rapat koordinasi analisa dan evaluasi sapu bersih pungutan liar (saber pungli) dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Jambi H. Fachrori Umar yang berlangsung di Ruang Pola Kantor Gubernur Jambi, Selasa (14/3/17). 

Wagub menegaskan pembentukan satuan tugas melalui Perpres 87 Tahun 2016 patut diapresiasi dan disambut baik karena merupakan bagian dari upaya Nawa Cita kedua dan sejalan dengan Visi Misi Jambi TUNTAS kesatu yaitu meningkatkan tata kelola Pemerintahan yang bersih, transparan, akuntabel dan partisipatif yang berorientasi pada pelayanan publik.

"Praktek pungli sudah ada sejak zaman dahulu  yang terjadi selama ini juga berdampak terhadap ekonomi dan pembangunan," tegas Wagub.

Menurut Wagub pungutan liar yang terjadi selama ini membuat biaya distribusi barang menjadi tinggi dan mengakibatkan harga barang menjadi tinggi sehingga bisa berdampak pada penurunan daya saing provinsi, sementara negara seperti Swiss, Singapura, Korea dan Malaysia memiliki daya saing yang tinggi salah satu indikatornya didukung oleh cepat dan mudahnya pengurusan izin.

"Kita semua membulatkan tekad dan komitmen bersama dalam pemberantasan pungli dan berharap SABER PUNGLI dapat menjadi momen perubahan Provinsi Jambi kearah yang lebih baik," himbau Wagub.

Melalui program kerja yang baik untuk mendorong pencapain kinerja SABER PUNGLI Wagub mengingatkan hal tersebut dengan mengintensifkan langkah identifikasi, investigasi, penindakan dan penanganan pengaduan terkait Pungli melalui Surat Edaran Menpan Nomor 05 Tahun 2016 tanggal 16 Oktober 2016 tentang pemberantasan praktek pungli dalam pelaksanaan tugas dan fungsi instansi pemerintahan,"KPK saat ini bersungguh sungguh menindak setiap tindak pidana korupsi,dan kita harapkan pungli,fee, sogok menyogok menjadi bagian yang terus kita berantas demi ketertiban serta memberi rasa nyaman dan Jambi menjadi Provinsi yang tertib disegala hal," harap Wagub.

Sebelumnya dalam sambutan Ketua Unit Pemberantasan Pungli Provinsi Jambi Kombes Drs.  Muchlis. AS, MH, menyampaikan keberadaan tim saber pungli menitikberatkan pada bagian kebijakan hukum dengan meningkatkan pengawasan internal yang selama ini diakuinya masih kurang serta melakukan fungsi intelijen, pencegahan, penindakan dan yustisi,"Praktek pungli kita bersihkan termasuk juga mendorong tata regulasi hukum yang baik dengan pengawasan hukum serta menumbuhkan kesadaran dan patuh hukum bagi masyarakat," ujar Irwasda Polda Jambi.

Membersihkan praktek pungli di Provinsi Jambi merupakan harapan terbesar untuk menciptakan ketenteraman masyarakat yang selama ini mengeluh akan adanya pungli disetiap lembaga maupun instansi yang ada dinegara ini,"Penindakan penting namun upaya pencegahan mandiri yang perlu dilakukan," harap Kombes Pol. Muchlis.

Rapat analisa dan evaluasi unit pemberantasan pungutan liar Provinsi Jambi dan unit pemberantasan pungutan liar kabupaten/kota triwulan I  dihadiri Ombudsman Perwakilan Jambi, serta forkompinda dan pihak terkait Saber Pungli lainnya.