SEKILAS INFO

EnglishFrenchGermanItalianPortugueseRussianSpanish
  I     I

ZOLA SEGERA BANTU KORBAN KEBAKARAN TUNGKAL

Posted : 04 Desember 2017 09:40:00

ZOLA SEGERA BANTU KORBAN KEBAKARAN TUNGKAL

Imbau Pemkab/Pemkot Ingatkan Masyarakat Lakukan Pencegahan Kebakaran
Kuala Tungkal (Humas Pemprov Jambi) – Begitu mengetahui adanya musibah kebakaran yang menimpa warga di Jalan Panglima H. Saman Kelurahan Tungkal III Kecamatan Tungkal Ilir Kabupaten Tanjung Jabung Barat, usai melantik Sekda Provinsi Jambi, Gubernur Jambi, H.Zumi Zola Zulkifli,S.TP,MA segera mengunjungi para korban kebakaran dan memberikan bantuan bagi mereka, Sabtu (02/12/2017) siang.

Kebakaran yang terjadi di Kelurahan Tungkal III ini telah menghanguskan lebih kurang 79 bangunan yang terdiri dari 3 Rukun Tetangga, 81 Kepala Keluarga/307 jiwa. Penyebab kebakaran masih diselidiki oleh pihak yang berwajib.

Selain melihat langsung kondisi eks lokasi kebakaran dan memberikan bantuan dari Pemerintah Provinsi Jambi, Zola juga ingin memberikan dukungan moral bagi masyarakat korban kebakaran tersebut.

Dari Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Sekretaris Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Drs.Ambok Tuo,MM mendampingi Gebernur Jambi dan rombongan dalam peninjauan tersebut.

Gubernur Zola memberikan bantuan dari Pemerintah Provinsi Jambi secara simbolis kepada korban kebakaran di Kelurahan Tungkal III berupa sembako, sandang, kain sarung, selimut, matras dan makanan siap saji.

“Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Provinsi Jambi langsung datang ke sini untuk melihat lokasi kebakaran dan bertemu dengan para korban, untuk menyampaikan rasa prihatin secara langsung. Saya tadi sudah berkoordinasi langsung dengan Bapak Sekretaris Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, terkait bantuan yang telah diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Pemerintah Provinsi Jambi siap untuk membantu apabila masih ada yang diperlukan,” ujar Zola.

Gubernur Zola mengemukakan, tidak ada satu orang pun yang menginginkan musibah kebakaran ini terjadi, tetapi musibah kebakaran ini merupakan sebuah bentuk ujian bagi Provinsi Jambi, khususnya Kelurahan Tungkal III Kabupaten Tanjung Jabung Barat ini. Zola berpesan agar para korban tabah serta bersabar dalam menghadapi ujian ini karena semua orang tidak tahu kapan musibah itu akan datang.

“Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat beserta Pemerintah Provinsi Jambi akan memberikan bantuan secara maksimal, untuk dapur umum sudah berjalan dan dipastikan akan menyuplai makanan bagi para korban setiap harinya, kemudian posko kesehatan akan siap melayani para korban,” jelas Zola.

Gubernur Zola mengungkapkan, Pemerintah Provinsi Jambi akan meminta bantuan berupa bahan bangunan kepada Kementerian Sosial RI, yang nanti diberikan kepada para korban kebakaran, agar para korban bisa membangun rumah lagi, karena jumlah rumah yang terbakar sudah lebih dari 30 rumah, maka Pemerintah Provinsi Jambi bisa meminta bantuan kepada Kementerian Sosial RI.

“Saya akan meminta bantuan kepada Ibu Menteri Sosial, tapi terlebih dahulu saya menunggu surat klarifikasi yang harus disampaikan oleh Bapak Bupati Tanjung Jabung Barat kepada saya, yang isinya terkait dengan kebakaran ini, berupa rumah yang terbakar serta jumlah kepala keluarganya. Saya minta kepada Bapak Sekretaris Daerah Tanjung Jabung Barat, untuk memberitahu Bapak Bupati agar segera memberikan surat ini, sehingga Pemerintah Provinsi Jambi dengan cepat memberikan kepada Ibu Menteri Sosial RI,” terang Zola.

Lebih lanjut, Gubernur Zola menghimbau seluruh Pemerintah Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi untuk selalu mengingatkan masyarakatnya agar selalu preventif, melakukan pencegahan dini kebakaran, supaya musibah seperti ini bisa diminimalisir. Dengan kondisi yang berbeda-beda di setiuap daerah.

Dalam peninjauan tersebut, , Gubernur Zola juga didampingi oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Jambi, Arief Munandar,SE, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Jambi, Bachyuni Deliansyah,SH,MH, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Provinsi Jambi, Edi Kusmiran,S.STP, dan Kepala Biro Humas dan Protokol Provinsi Jambi, Johansyah,SE,ME. (Richi/edit: Mustar, foto: Kamarul Zaman, video: Said Usman).