SEKILAS INFO

Dibuka kesempatan bagi setiap WNI yang berkompeten untuk menjadi Anggota Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Jambi Masa Bakti 2017-2020, Persyaratan dapat dilihat pada menu bagian atas website jambiprov.go.id.

   
EnglishFrenchGermanItalianPortugueseRussianSpanish
  I     I
HUTAN HARAPAN

Hutan Harapan merupakan proyek restorasi hutan produksi yang terletak di perbatasan Provinsi Jambi-Sumatera Selatan yang mempuanyai luas sekitar 101.000 Ha. Sejak 2006, konsorsium PT Restorasi Ekosistem Konservasi Indonesia memperoleh konsesi dari pemerintah untuk merestorasi hutan tersebut.

Di hutan ini juga terdapat sekitar 280 jenis burung, 69 jenis di antaranya hampir punah. Selain itu, terdapat 159 jenis pohon. Salah satu di antaranya sudah rentan, yaitu jenis kayu bulian dan juga terdapat 49 jenis binatang mamalia dan 43 jenis binatang amfibi, permukiman Suku Anak Dalam (SAD) dan Suku Bathin Sembilan. Kedua komunitas ini merupakan suku asli tertinggal yang telah menetap di dalam hutan sejak ratusan tahun lalu, yang hingga kini masih mengandalkan hutan sebagai tempat tinggal dan mencari makan.

Dalam kunjungannya ke hutan harapan Pangeran Charles menyatakan kekagumannya melihat keelokan hutan Harapan. Hutan yang memiliki luas sekitar 100 ribu hektare ini dinilai masih relatif baik. "Sangat bagus karena hutan ini nantinya dapat mengurangi emisi karbon. Kondisi ini perlu didukung semua pihak," ujar Pangeran Charles dalam kunjungan ke Hutan Harapan kemarin