DWP Setda Provinsi Jambi Selenggarakan Pelatihan Komunikasi Efektif
Di Posting Oleh : Admin, Tanggal : 11 Oktober 2018 , Dilihat Sebanyak : 12 Kali

 

Jambi- Dharma Wanita Persatuan  (DWP) Setda Provinsi Jambi menyelenggaran pelatihan komunikasi efektif untuk mengembangkan potensi dan penguatan diri dalam rangka meningkatkan kinerja DWP untuk mewujudkan Jambi TUNTAS 2021.  Kegiatan ini dilaksanakan di ruang Mayang Mangurai Bapedda Provinsi Jambi (10/10). Acara ini dihadiri oleh Wakil Ketua I DWP Provinsi Jambi Hj.Nurul Aulia Tagor, Ketua DWP Setda Provinsi Jambi Hj. Husniar Apani,SE, dan Ketua DWP Biro Humas dan Protokol selaku ketua panitia Rima Deviyanti Johansyah, SP.

Ketua DWP Provinsi Jambi dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Wakil Ketua I DWP Provinsi Jambi Hj.Nurul Aulia Tagor menyatakan bahwa pelatihan ini merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kinerja DWP, karena dengan komunikasi efektif sangat dibutuhkan oleh pengurus dan anggota terutama  bagi organisasi untuk mencapai visi dan misinya.  “Dharma Wanita Persatuan memegang peranan sangat penting dan jika komunikasi dapat berjalan efektif juga akan memperkuat kekompakan tim untuk menemukan solusi terhadap masalah yang muncul sehingga dapat juga meningkatkan sumber daya manusia . Jika setiap permasalahan dibicarakan maka hasil atau solusi yang didapatpun akan lebih efektif.  Contohnya misalnya di dalam di dalam organisasi kalaupun ada keputusan-keputusan pengaruh besaran iuran ataupun konsumsi dalam organisasi itu ini yang penting kita komunikasikan, komunikasi bersama kita dapatkan sehingga mendapatkan hasil yang lebih efektif . Oleh karena itu komunikasi efektif sangat penting bagi pengurus dan anggota. Dharma wanita persatuan dalam setiap kegiatannya membutuhkan  proses dimana fungsi manajemen seperti fungsi perencanaan, fungsi pengorganisasian, fungsi kepemimpinan, fungsi pengendalian dalam organisasi dapat membantu terwujudnya Jambi TUNTAS 2021 dan melalui pelatihan komunikasi efektif kita kembangkan efisiensi dan kepercayaan diri dalam rangka meningkatkan kinerja DWP “ungkap Ketua DWP.

Sementara itu Ketua DWP Setda Provinsi Jambi Hj. Husniar Apani,SE, dalam sambutannya menyampaikan bahwa komunikasi efektif adalah saling tukar menukar informasi kepercayaan dan perasaan antara dua orang atau kelompok yang hasilnya sesuai dengan yang diharapkan dan mampu menghasilkan perubahan sikap pada orang yang terlibat dalam komunikasi tersebut . “Dengan kemampuan berkomunikasi efektif yang baik dan pesan yang disampaikan diterima dengan baik oleh teman bicara kita . Komunikasi efektif merupakan hal yang sangat penting dalam berinteraksi dengan orang, setiap makhluk pasti selalu melakukan komunikasi karena itulah keterampilan komunikasi efektif harus baik dalam lingkungan keluarga maupun organisasi juga tempat kita bekerja untuk meningkatkan keharmonisan dalam apabila komunikasi akan terganggu dan berdampak kepada yang akan mengganggu proses pencapaian tujuan organisasi “ujar Husniar.

Disampaikan Ketua DWP Biro Humas dan Protokol selaku ketua panitia Rima Deviyanti Johansyah, SP. Kegiatan pelatihan efektif merupakan salah satu faktor yang mendukung peningkatan kinerja organisasi. Tujuannya kegiatan ini adalah untuk menyampaikan ide secara sistematis ,untuk mempengaruhi massa dan orang lain untuk menyampaikan pendapat pada sebuah rapat dengan baik untuk menambah kepercayaan diri untuk menambah kewibawaan dan citra diri .”Kegiatan ini adalah salah satu program kerja dari bidang pendidikan, yang sudah kita jadwalkan,kita juga melaksanakan pojok baca di sekretariat kita letakkan buku bacaan, sehingga ketika berkunjung ke  kesekretariatan dapat membaca, dan kita berharap dengan kegiatan  ini dapat lebih bijak dalam berkomunikasi baik di lingkungan kerja dan di dalam keluarga”ucap Rima. (Maria/Foto: Mulyadi, Kamerawan: Ardi)

GPR WIDGET