FACHRORI KAMPANYEKAN GEMAR MAKAN IKAN
Di Posting Oleh : Admin, Tanggal : 19 September 2020 , Dilihat Sebanyak : 64 Kali
 /> <div class=

 

Upaya Wujudkan Generasi Sehat dan Cerdas

Kerinci (Humas Pemprov Jambi) - Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum turut menyampanyekan Gemar Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan). Ia mengatakan bahwa Gemarikan merupakan upaya pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan untuk meningkatkan gizi dan kecerdasan masyarakat, mewujudkan generasi yang sehat dan cerdas (generasi handal). "Kita terus menerus secara berkesinambungan mensosialisasi Gemarikan ini dengan melibatkan seluruh komponen bangsa, mulai dari pemerintah, akademisi, dunia usaha, dan masyarakat," ujar Fachrori dalam Gemarikan, yang berlangsung di Lapangan Desa Tanjung Pauh Mudik Kecamatan Danau Kerinci Barat Kabupaten Kerinci, Sabtu (19/09/2020).

Fachrori menerangkan, Gemarikan bertujuan untuk mengedukasi masyarakat secara luas tentang pentingnya makan ikan bagi kesehatan dan kecerdasan dengan sasaran utamanya adalah daerah yang tingkat konsumsi makan ikannya masih rendah. Sasaran utama lainnya adalah ibu hamil, ibu menyusui, balita, dan anak sekolah karena sangat penting dalam membentuk kecerdasan.

"Saya mengharapkan, masyarakat Provinsi Jambi memperoleh asupan nutrisi dari sumber pangan ikan yang bergizi, berprotein tinggi, menguatkan, menyehatkan dan mencerdaskan, sehingga masyarakat benar-benar mendapatkan gizi yang cukup bersumber dari pangan ikan melalui program Gemarikan," terang Fachrori.

Selain itu, kata Fachrori, melalui program Gemarikan ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya nelayan, pembudi daya, pengolah dan penjual ikan yang pendapatannya meningkat seiring dengan meningkatnya permintaan pangan ikan dari masyarakat Jambi.

Lebih lanjut, Fachrori mengatakan, salah satu upaya dalam meningkatkan konsumsi ikan dikalangan masyarakat adalah dengan melibatkan ibu ibu rumah tangga, karena ibu ibu rumah tangga yang memegang peranan penting dalam memilih dan mengolah bahan makanan menjadi santapan keluarga sehari hari.

"Saya mengajak ibu ibu rumah tangga untuk lebih aktif dan kreatif dalam mengolah makanan berbahan ikan. Ikan tidak hanya digoreng saja, tapi bisa dibuat menjadi berbagai resep masakan yang lebih bervariatif lainnya," ajak Fachrori.

Penjabat Sekretaris Daerah (Pj.Sekda) Kabupaten Kerinci, Asraf,S.Pt.,M.Si., menyampaikan, program Gemarikan dari pemerintah ini sangat baik sekali dalam meningkatkan nilai gizi melalui ikan untuk generasi muda kedepannya, serta sebagai sarana dalam mempromosikan minat makan ikan kepada masyarakat.

"Saya mewakili Pemerintah Kabupaten Kerinci sangat mendukung sekali program Gemarikan ini, terlebih Kabupaten Kerinci juga memiliki Danau Kerinci yang terdapat banyak jenis ikan, salah satu ikan kebanggaan adalah ikan semah. Gemarikan sendiri sangat baik karena sampai saat ini minat konsumsi ikan pada masyarakat masih rendah," kata Asraf.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi, Tema Wisman melaporkan, kampanye Gemarikan mengajak masyarakat agar meningkatkan konsumsi ikan untuk mempersiapkan generasi yang sehat, kuat dan cerdas. Gemarikan juga bertujuan dalam mencegah stunting pada masyarakat dan lebih meningkatkan minat generasi muda untuk mengkonsumsi ikan.

"Kita terus berupaya memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya makan ikan karena angka konsumsi ikan Provinsi Jambi masih rendah yaitu pada angka 38,68 Kg per kapita pe rtahun. Gemarikan juga mempromosikan kepada masyarakat terkait bahan olahan yang berbahan baku dari produk perikanan," jelas Tema.

Usai menghadiri Kampanye Gemarikan, Gubernur Fachrori meninjau proses pembangunan Musholla Silahturrahmi di Desa Pancuran Tiga Kecamatan Danau Kerinci Barat Kabupaten Kerinci dan memberikan bantuan secara pribadi uang tunai sejumlah Rp7 juta, untuk membantu pembangunan musholla tersebut. (Richi/edit: Mustar, foto: Agus Supriyanto, video: Latib L).

GPR WIDGET