FACHRORI TATA KAWASAN DANAU SIPIN
Di Posting Oleh : Admin, Tanggal : 02 Desember 2019 , Dilihat Sebanyak : 47 Kali

 

Dari Kawasan Kumuh Menjadi Kampung Sadar Wisata

Jambi (Humas Pemprov Jambi) - Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi menyiapkan dan mencanangkan Kawasan Danau Sipin, Kota Jambi, tepatnya Kampung Tanjung Belimbing menjadi Kawasan Kampung Budaya dan Sadar Wisata, yang dicanangkannya pada Jum'at (29/11/19) sore.

Pembenahan kawasan kumuh dan pencanangannya sebagai kawasan kampung budaya dan sadar wisata juga sudah dilakukan gubernur di Kabupaten Sarolangun dan Bungo. Kegiatan hari ini bertajuk Sosialisasi dan Gotong Royong Pengurangan Kekumuhan dan Peningkatan Kualitas Lingkungan dalam rangka Hari Bhakti ke-74 PU Provinsi Jambi Tahun 2019 dimaksudkan menuju “Provinsi Jambi Bebas Kumuh.”

Walikota Jambi, Dr.H.Syarif Fasha, Kepala Dinas PUPR Provinsi Jambi M.Fauzi, pejabatDinas PUPR Provinsi dan Kota Jambi, pejabat pemerintahan di Kampung Tanjung Belimbing, dan tokoh masyarakat setempat, turut hadir dalam acara tersebut. Pada kesempatan itu, Fachrori menyerahkan bantuan senilai Rp15 juta yang diperuntukkan  untuk pembangunan wc komunal, dan bantuan pembangunan mushola senilai Rp5 juta. Selanjutnya juga dilakukan penandatanganan kesepakatan bersama dalam rangka upaya pengurangan kekumuhan dan peningkatan kualitas lingkungan kawasan Tanjung Belimbing Danau Sipin Lestari Kota Jambi menjadi kawasan kampung budaya dan sadar wisata.

Dalam keterangan yang disampaikan Gubernur Jambi pada peringatan Hari Bhakti ke-74 PU, keberadaan permukiman kumuh di  Provinsi Jambi seluas 1.841 hektare yang tersebar di seluruh kabupaten/kota se Provinsi Jambi. Hal ini berdasarkan surat keputusan yang telah ditetapkan oleh bupati dan wali kota se-Provinsi Jambi dengan luasan kawasan kumuh di Provinsi Jambi “Dan ini menjadi tugas kita bersama untuk menatanya menjadi lebih layak. Saya sangat mendukung dan mengapresiasi PUPR Jambi dan pihak terkait yang akan menata Kawasan Danau Sipin menjadi Danau Sipin Lestari.  Danau Sipin ditata menjadi destinasi wisata andalan baru dan diharapkan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat," kata Fachrori.

Fachrori mengapresiasi Dinas PUPR Provinsi Jambi beserta jajaran telah menginisiasi kegiatan tersebut menjadi ajang silaturahmi mewujudkan pembangunan dan pengembangan perumahan dan kawasan permukiman sekaligus menguatkan koordinasi dan sinergitas pembangunan infrastruktur di Provinsi Jambi. "Mendukung terlaksananya program kolaborasi untuk pengurangan kekumuhan dan peningkatan kualitas lingkungan permukiman di Provinsi Jambi sebagai upaya untuk mengasah empati pemangku kepentingan dan pihak yang terlibat melalui program-program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat," ungkap Fachrori.

Fachrori menjelaskan, perkembangan permukiman kumuh di Provinsi Jambi perlu diantisipasi, dan untuk itu Pemerintah Provinsi telah melaksanakan berbagai kegiatan penanganan permukiman kumuh sebagai upaya mengatasi masalah menurunnya kualitas lingkungan permukiman, tingginya angka kemiskinan, dan kurang berkembangnya fungsi perkotaan. “Perkembangan perumahan dan kawasan permukiman tidak terlepas dari pesatnya laju pertumbuhan penduduk seiring dengan pertumbuhan penduduk. Kebutuhan akan penyediaan prasarana dan sarana lingkungan permukiman juga semakin meningkat," lanjut Fachrori.

Walikota Jambi, Dr.H.Syarif Fasha mengapresiasi pencanangan Kawasan Danau Sipin menjadi kawasan wisata yang dikenal dengan sebutan Danau Sipin Lestari. “Kami tentunya atas nama masyarakat Kota Jambi mengucapkan terima kasih kepada Bapak Gubernur. Pembangunan Kawasan Danau Sipin ini dimulai awalnya pembangunan bronjong yang dilakukan oleh dinas PU Provinsi Jambi, setelah itu dilanjutkan oleh balai untuk pembangunan bronjong, normalisasi Danau Sipin, dan ditambah lagi pekerjaan oleh Balai Cipta Karya membuat anjungan juga dalam proses pembangunan. Pemerintah Kota Jambi membangun jogging track, membangun wahana di sana ada wahana venue untuk panjat tebing, venue untuk skateboard dan juga dayung. Kawasan Danau Sipin ini akan menjadi kawasan wisata dan saya lagi merancang surat keputusan walikota mencanangkan Danau Sipin menjadi kawasan ekowisata. Kawasan ini nanti boleh digunakan untuk sosial ekonomi, wisata, dan lain sebagainya. Kami tidak bisa membangun ini sendirian, kami juga mohon bantuan provinsi, mohon bantuan Pak Gubernur karena ini adalah kerja kita bersama,” tutur wali kota.

Kepala Dinas PUPR Provinsi Jambi Fauzi menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagian dari berbagai rangkaian kegiatan dalam memperingati hari Bhakti ke-74 PU, dimana Dinas PUPR Provinsi Jambi juga mencanangkan Kampung Tanjung Belimbing Danau Sipin Kota Jambi menjadi Kawasan Kampung Budaya dan Sadar Wisata, menjadi kampung budaya yang sadar kebersihan dan kesehatan lingkungan, serta menjadi destinasi wisata baru yang bisa meningkatkan perekonomian masyarakat. (Maria/edit: Mustar, foto: Agus, video: Latib).

GPR WIDGET