PEMPROV SIAP SUKSESKAN TOUR DE SINGKARAK ETAPE PROVINSI JAMBI
Di Posting Oleh : Admin, Tanggal : 30 Oktober 2019 , Dilihat Sebanyak : 401 Kali

 

 

Jambi (Humas Pemprov Jambi) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi siap menyukseskan event Tour de Singkarak (TdS), Lomba Balap Sepeda etape Provinsi Jambi Tahun 2019. Dalam TdS Tahun 2019, dari 9 etape, 2 etape dilaksanakan di Provinsi Jambi, yakni etape 7 di Kabupaten Kerinci dan etape 8 di Kota Sungai Penuh. Baik Kepala Dinas Kebudayan dan Periwisata Provinsi Jambi, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, maupun Kepala Biro Humas dan Protokol, dalam Konferensi Pers tentang TdS Etape Provinsi Jambi yang berlangsung di Aula Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi, Rabu (30/10), pada intinya mengemukakan hal yang sama, yakni bahwa Pemerintah Provinsi Jambi siap menyukseskan TdS Etape Provinsi Jambi.

 

Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Jambi, Johansyah,SE,ME menyampaikan, setelah 3 tahun diusahakan, akhirnya TdS Etape Kerinci dan Sungai Penuh dilaksanakan, dan hal tersebut tidak lepas dari kerjasama Pemerintah Provinsi Jambi, Pemerintah Kabupaten Kerinci, dan Pemerintah Kota Sungai Penuh dengan Provinsi Sumatera Barat.

 

Johansyah menyatakan, 2 etape TdS diselenggarakan di Provinsi Jambi, yakni Etape ke-7 di Kabupaten Kerinci pada tanggal 8 November 2019 dan Etape ke-8 di Kota Sungai Penuh pada 9 November 2019, sementara pembukaan dilaksanakan pada 1 November 2019 di Pariaman, Sumatera Barat.

 

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi, Drs.Ujang Hariyadi menjelaskan rute TdS Etape Provinsi Jambi, yakni etape 7 dilaksanakan selesai Sholat Jum’at sekitar jam 14.00, start dari Telun Berasap (Kayu Aro) – Letter W - finish di Danau Kerinci, lanjut etape 8 start Danau Kerinci – Tapan – finish di Pesisir Selatan.

 

“Sampai saat ini sudah terdaftar 24 negara peserta TdS 2019. Dari konteks kepariwisataan, TdS sangat bagus untuk mempromosikan wisata Kerinci dan Sungai Penuh. Ini menjadi ajang promosi dalam rangka memperkenalkan Provinsi Jambi ke luar negeri,” ujar Ujang.

 

Dalam rangkaian event TdS Etape Kerinci dan Sungai Penuh, lanjut Ujang, juga dilakukan Mountain Bike Cross Country (balap sepeda gunung) pada tanggal 1 – 3 November 2019 di Kayu Aro, Kejurnas Arung Jeram di Pulau Sangkar Kerinci, dan Kenduri Sko.

 

Ujang menambahkan, TdS masuk peringkat keempat balap sepeda dengan pengunjung terbanyak dan berharap dengan ditambahnya etape bisa meningkatkan jumlah kunjungan, serta berharap TdS Etape Provinsi Jambi bisa menghasilkan multiplier effect yang besar bagi masyarakat, termasuk tambahan kunjungan wisatawan ke Kerinci dan Sungai Penuh.

 

Kepala Dinas Komuniikasi dan Informatika Provinsi Jambi, Nurachmat Herlambang menyatakan, adadukungan telekomunikasi untuk event teresebut, yakni melalui Telkom.

 

“Efek yang paling jelas dengan diselenggarakannya TdS Etape Kerinci dan Sungai Penuh adalah peningkatan infrastruktur, terutama jalan. Nurachmat mengatakan, rute yang dilauui TdS di Provinsi Sumatera Barat merupakan Kawasan Strategis Nasional dan berharap dukungan Pemerintah Pusat ke Sumatera Barat bisa berimbas ke Provinsi Jambi,” jelas Nurachmat Herlambang. (Mustar).

GPR WIDGET