PERINGATI HARI IBU, RAHIMA SANTUNI LANSIA PANTI SOSIAL BUDI LUHUR
Di Posting Oleh : Admin, Tanggal : 16 Desember 2019 , Dilihat Sebanyak : 203 Kali

 

Jambi (Humas Pemprov Jambi) - Dalam rangka Memperingati Hari Ibu ke-91 Tahun 2019, Ketua Tim Pengerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Jambi sekaligus Ketua Pembina Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi Jambi, Hj.Rahima Fachrori mengadakan kegiatan bakti sosial berupa mengunjungi dan  bersilaturahmi bersama pengurus dan warga penghuni  Panti Sosial Tresna Werdha Budi Luhur, di Paal V Kota Baru, Kota Jambi, Senin (16/12/2019).

Dalam kunjungan tersebut, Rahima didampingi Ketua I Bhayangkara, Ketua Persit, Tim Pengerak PKK Provinsi Jambi dan pengurus Dharma Wanita Provinsi Jambi, Dharma Wanita Adhyaksa, IWAPI, dan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk Provinsi Jambi Dra.Luthfah.

Rahima menyerahkan  bantuan paket tali asih kepada para penghuni panti jompo tersebut, diantaranya paket makanan bagi lansia. Tidak hanya memberikan santunan, Rahima juga berbincang-bincang dengan para lansia penghuni panti sosial itu.

“Suatu kebanggaan dan kebahagian bagi kami dapat bersama-sama bertatap muka menjalin silaturahmi dan menjalin tali asih diantara kita semua. Sebenarnya, Gubernur Jambi, Bapak Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum ingin sekali hadir bersama-sama, dikarenakan ada sesuatu pekerjaan yang tak bisa beliau tinggalkan, harus menghadiri acara di Jakarta di Istana Presiden hari ini, untuk itu beliau mohon maaf. Insha Allah, beliau akan hadir bersama kita di sini lain waktu,” kata Rahima.

Rahima menyatakan, Peringatan Hari Ibu ke-91 di Provinsi Jambi setiap tahunnya diselenggarakan untuk mengingatkan, mengenang, dan menghargai perjuangan kaum perempuan Indonesia, baik terhadap keluarga, lingkungan, dan masyarakat maupun terhadap negara. Salah satu dari rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Ibu adalah Anjangsana Bakti Sosial ke Panti Tresna Werdha Budi Luhur. ”Anjangsana bakti sosial merupakan salah satu bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial keikhlasan serta untuk peningkatkan rasa kekeluargaan yang peduli terhadap lingkungan dan kehidupan orang lain yang membutuhkan uluran tangan kita,” ujar Rahima.

“Kita harus meningkatkan rasa kekeluargaan dan kepedulian sosial, terutama kepedulian kita terhadap orang tua kita yang berada di panti jompo, kita harus menghibur mereka, sehingga rasa kesepian dan kesendirian mereka dapat terobati. Saya berharap dengan adanya kegiatan anjangsana dapat memberikan arti khusus bagi para orang tua yang berada di Panti Sosial Tresna Werdha Budi Luhur, berupa semangat dan menghibur, sehingga mereka menyadari ketulusan dari orang-orang sekitar yang masih peduli dengan mereka,” sambung Rahima.

Rahima menjelaskan, apa yang dilakukan hari ini merupakan salah satu rasa membengun kecintaan terhadap para orang tua, sekaligus memberikan motivasi bagi mereka penghuni panti sosial ini. ”Untuk itulah kami semua berada di sini menjalain silaturrahmi dan kekeluargaan dengan para orang tua kita yang kita sayangi. Semoga setitik kasih sayang dari kami semua bisa mengobati rasa kerinduan dan perhatian akan kasih sayang dari orang tua yang kita sayangi,” pungkas Rahima.

Sebelumnya, Plt. Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Panti Sosial Tresna Werdha Budi Luhur Provinsi Jambi, Dra.Syamsiah menyampaikan, penghuni Panti Sosial Budi Luhur saat ini berjumlah 70 orang lanjut Usia (Lansia).

Setiap hari Senin, lanjut Syamsiah, ada pemeriksaan kesehatan dari Puskesmas Kota Baru dan hari Selasa ada pencerahan rohani, yang diisi dengan ceramah agama dilanjutkan hari Jum’at gotong royong bersama, dan setiap 3 bulan sekali diadakan rekreasi di taman-taman di Kota jambi. ”Mereka semua memperoleh berbagai bimbingan dan pembinaan, diantaranya bimbingan sosial, bimbingan kesehatan, bimbingan mental dan jasmani, seperti berolahraga agar senantiasa sehat dan bugar, serta bimbingan rekreasi dan memperoleh beragam pembinaan,” jelas Syamsiah. (Sapra Wintani/edit: Mustar, foto: Novriansah, video: Said Usman).

GPR WIDGET