RAHIMA AJAK SEMUA PEMANGKU KEPENTINGAN KEMBANGKAN KERAJINAN JAMBI
Di Posting Oleh : Admin, Tanggal : 11 September 2019 , Dilihat Sebanyak : 68 Kali

 

 

Harap Event Kriyanusa Turut Promosikan Kriya Jambi

 

 

Jakarta (Humas Pemprov Jambi) – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jambi, Hj.Rahinma Fachrori mengajak semua pemangku kepentingan untuk mengembangkan kerajinan Provinsi Jambi, guna meningkatkan kualitas dan daya saing kerajinan Provinsi Jambi, agar penjualan kerajinan tersebut bertambah, sehingga pendapatan pengrajin bertambah, yang selanjutnya bisa berkontribusi terhadap peningkatan perekonomian daerah. Hal itu dikemukkakan Rahima usai mengikuti Pembukaan Kriyanusa Pameran Kerajinan Nusantara Tahun 2019, di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (11/9) siang.

 

Ibu Negara Republik Indonesia, Hj.Iriana Joko Widodo membuka salah satu pemeran kerajinan terbesar di Indonesia tersebut. Ketua Umum Dekranas, Hj. Mufidah Jusuf Kalla, istri menteri-menteri Kabinet Kerja, dan para Ketua Dekranasda se Indonesia turut hadir dalam pembukaan Kriyanusa tersebut.

 

Rahima mengatakan, pengembangan kerajinan sangat penting sebagai upaya untuk mengangkat perekonomian daerah, yakni melalui ekonomi kreatif. Dibutuhkan kreativitas dan kejelian untuk menumbuhkembangkan kerajinan supaya diminati di pasaran. Untuk itu, Rahima mengajak semua pemangku kepentingan, baik pemerintahan maupun swasta (dunia usaha) untuk bekerjasama dan bersinergi mengembangkan kerajinan Jambi.

 

Dalam kriyanusa tersebut, terang Rahima, Dekranas Provinsi Jambi dan Dekranasda Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi bersama-sama menggelar stan, untuk lebih mengenalkan lagi kriya Provinsi Jambi dan Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi kepada masyarakat di luar Provinsi Jambi.

 

Rahima berharap keikutsertaan Dekranasda Provinsi Jambi dan Dekranasda Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi dalam Kriyanusa Tahun 2019 turut mempromosikan kerajinan Provinsi Jambi dengan lebih baik lagi.

 

Rahima mengemukakan, berbagai tantangan dan kendala yang dihadapi dalam pengembangan kualitas produk dan dalam pemasaran harus didiskusikan bersama, guna mencari jalan keluar, agar kualitas produk-produk kerajinan Provinsi Jambi meningkat dan bisa memiliki pangsa pasar yang lebih luas, dan upaya pembenahan harus dilakukan secara terus-menerus, berkelanjutan.

 

Pada kesempatan tersebut, Rahima meninjau stand Dekranasda Provinsi Jambi. Bukan hanya meninjau stand Dekranasda Provinsi Jambi, Rahima juga mengunjungi stand Dekranasda Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi. Di stand pameran Dekranasda Provinsi Jambi tersebut, ditampilkan Batik Jambi, songket Jambi, tikar anyaman, keranjang dari anyaman dan rotan, tas, dan berbagai perhiasan.

 

Sebelumnya, dalam pembukaan Kriyanusa 2019, Ibu negara me-launching buku yang berjudul Cerita Serat Menjadi Tenun, yang ditandatangani oleh Ibu Negara dan Ketua Umum Dekranas.

 

Ketua Umum Dekranas, Hj.Mufidah Jusuf Kalla daram arahannya menekankan agar Dekranas dan Dekranasda terus meningkatkan pembinaan pengrajin, semua potensi dipadukan, bekerja dari hati untuk kemajuan negeri. Mufidah Jusuf Kalla menaruh harapan besar kepada Dekras dan Dekranasda untuk menumbuhkembangkan kriya Nusaantara, yang berdampak sangat positif terhadap perekonomian Indonesia.

 

 

Rakernas Dekranas

 

Sehari sebelumnya, Selasa (10/9), Ketua Dekranasda Provinsi Jambi, Hj.Rahima mengikuti Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Dekranas di Aula Kantor Kementerian Pertahanan di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, yang dipimpin oleh Ketua Umum Dekranas, Hj.Mufidah Jusuf Kalla. Dalam rakernas tersebut dibahas berbagai program kerja Dekranas, dan tanya jawab dengan para pengurus Dekranasda.

 

Ketua Harian Dekranasda Provinsi Jambi, Staf ahli Gubernur, Sri Agunaini dan Wakil Ketua Dekranasda Provinsi Jambi, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Ariansyah mrndampingi Rahima dalam Rekernas Dekranas tersebut. (Mustar, foto: Novriansah, video: Latib).

GPR WIDGET