Sekda Buka Workshop Pengembangan Bumdes 2018
Di Posting Oleh : Admin, Tanggal : 29 Oktober 2018 , Dilihat Sebanyak : 91 Kali

 


Dianto: Gali Potensi Daerah Guna Kembangkan BUmdes

Jambi- Sekretaris Daerah Provinsi Jambi  Drs.H.M.Dianto, Msi membuka secara resmi workshop pengembangan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), Senin (29/10) bertempat di Bank Pembangunan Daerah (BPD) Jambi. Ditegaskan Sekda dalam sambutannya jika BUmdes mau maju dan berkembang, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) harus menggali potensi unggulan daerah.  Hadir pada kesempatan tersebut Direktur Pengembangan Inklusi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan Eko Ariantoro, Direktur Eksekutif Yayasan Desa-Kota Indonesia Purwoko, Kepala OJK Provinsi Jambi Endang Nuryadin, Direktus Pemasaran Bank Jambi Yunsak El Halcon.

                Sekda menjelaskan bahwa keberadaan BUmdes di samping untuk mensejahterahkan desa beserta warganya, juga untuk membantu mengentaskan kemiskinan. “ Maka dengan dana desa yang cukup besar desa dan perangkatnya serta warga desa dapat membangun desa untuk mencapai kemakmuran.  Bumdes diharapkan dapat menjadi solusi yang tepat dalam pengembangan desa yang maju dengan memperkuat desa sebagai entitas Mandiri . Pelaksanaan BUmdes seharusnya melalui penataan administrasi kelembagaan, sasaran program dan melalui strategi studi kelayakan sehingga dapat diketahui jenis usaha yang pas yang berdampak positif dalam pengembangan pemberdayaan masyarakat, dan harus diingat pula pengelolaan dana desa harus dilakukan secara akuntabel.  Oleh karena itu saya berharap para peserta dapat mengelola bumdes secara profesional dan mandiri secara profesional maksudnya berkaitan dengan profesi bidang pekerjaan memerlukan kepandaian atau keahlian tertentu untuk menjalankan, dan tujuan bumdes akan tercapai jika usaha dikelola oleh orang-orang yang berjiwa pengusaha”ujar Sekda.

                Sekda menambahkan bahwa saat ini hampir seluruh desa sudah ada dan berkeinginan  mendirikan Bumdes. “ Potensi desa luar biasa selain mendapatkan anggaran dari pemerintah pusat dan pemerintah provinsi  anggaran dari Kabupaten/Kota, kita melihat pengurus BUmdes yang terpilih mengikuti works shop ini  dapat maju dan berkembang, kita  harus melihat potesi ekonomi di daerah masing- masing, Para pengurus Bumdes harus jeli melihat potensi desa tersebut untuk dikembangkan . Banyak potensi unggulan daerah yang bisa dikelola diantaranya adalah hasil perkebunan. Dengan workshop ini kita mengumpulkan pengurus bumdes memberikan pencerahan bagaimana menjadi manajer yang baik dan mengelola dana yang terkumpul dengan baik dan kuntabel,  jika dari sisi  manajemen dan administrasi baik,  Bank Jambi siap mendukung dan  selama ini ada beberapa yang telah didukung dan  diharapkan BUmdes  di Jambi dapat menjadi salah satu yang terbaik di indonesia”ungkapnya. (Maria/ Foto: Agus Supriyanto, Kamerawan: Latif)

GPR WIDGET