SEKDA CEK KESIAPAN TRANSPORTASI MUDIK LEBARAN
Di Posting Oleh : Admin, Tanggal : 07 Juni 2018 , Dilihat Sebanyak : 141 Kali

 

Jambi (Humas Pemprov Jambi) - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, Drs.H.M.Dianto, M.Si imbau masyarakat untuk dapat mempergunakan angkutan umum ketika mudik Lebaran Idul Fitri, sehingga dapat mengurangi kepadatan jalan raya. Imbauan tersebut disampaikannya saat Pencanangan Angkutan Lebaran Tingkat Provinsi Jambi sekaligus Peninjauan Terminal Tipe A Alam Barajo di simpang Rimbo, Kota Jambi, Kamis (7/6/2018).

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada lebaran Idul Fitri 1439 H/ 2018 M, Sekda berserta OPD terkait memantau situasi arus mudik lebaran di Terminal Alam Barajo, Kota Jambi.

"Sebagaimana diketahui bahwa Provinsi Jambi merupakan daerah lintasan pergerakan lalu lintas dan angkutan jalan baik mudik maupun bailk. Untuk itu saya mengajak dinas terkait untuk membantu kelancaran mengatur dan mengamankan pergerakan arus lalu lintas mudik maupun balik, sehingga para pemudik dapat melakukan perjalanan dengan lancar, aman, tertib dan selamat sampai di tujuan," ujar Sekda.

Dianto mengatakan, ada beberapa prediksi yang akan menghambat perjalanan dalam menuju mudik lebaran, untuk itu perlu adanya antisipasi untuk kelancaran. "Mungkin adanya pasar tumpah di beberapa titik jalur mudik, kedua, kegiatan pembangunan dan perbaikan beberapa ruas jalan di beberapa tempat yang masih dalam proses perbaikan, dan ketiga, peningkatan jumlah kendaraan bermotor yang melintas," jelas Sekda.

"Saya mengimbau agar pelayanan kepada para pemudik diutamakan dan pada masa angkutan lebaran ini agar seluruh jembatan timbang di Provinsi Jambi dialihfungsikan menjadi rest area yang ditunjang dengan berbagai sarana dan fasilitas yang dibutuhkan oleh para pemudik serta layanan kesehatan buka 2X24 jam, air bersih, mushola, toilet, dan fasilitas-fasilitas lainya," sambung Sekda.

"Saya menghimbau para petugas di lapangan untuk mengedepankan keselamatan pemudik melalui peningkatan pemeriksaan kelayakan bus yang akan di pergunakan serta pengemudi harus steril dari pengaruh narkoba, minuman keras, karena menyangkut keselamatan orang banyak," tambah Sekda.

"Kita menyadari sepenuhnya bahwa dalam melaksanakan tugas ini, membuat para petugas di lapangan tidak dapat berkumpul menikmati suasana Idul Fitri bersama keluarga, untuk itu melalui kesempatan ini, saya menyampaikan salam dan rasa terima kasih serta bangga saya kepada keluarga yang telah dengan ikhlas merelakan saudara semua untuk melaksanakan tugas," tutur Sekda.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jambi Varial Adhi Putra menyatakan, untuk kelancaran dan kenyamanan masyarakat untuk balik mudik lebaran tahun ini, Dinas Perhubungan Provinsi Jambi telah melaksanakan uji kelayakan bus yang akan beroperasi mengantarkan masyarakat ke daerah tujuan. Sebanyak 316 unit kendaraan telah disediakan untuk transportasi di Provinsi Jambi," kata Varial.

"Agar dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat untuk balik mudik lebaran dengan nyaman  serta dengan tujuan mengurangi kepadatan di jalan raya dan mengurangi angka kecelakaan di jalan raya," terang Varial.

Untuk kelancaran lalu lintas tersebut, tambah Varial, Dinas Perhubungan Provinsi Jambi telah berkerja sama dengan Polantas Polda Jambi, BNN Provinsi Jambi, Dinas PUPR Provinsi Jambi, Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, Dinas Sosial Provinsi Jambi dan, Jasa Raharja Persero Jambi," tutur Varial.

Turut serta dalam acara tersebut, Kasat Lantas Polda Jambi, Kepala Cabang PT.Jasa Raharja Persero Jambi, Kepala Organda, Ketua Umum  Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) JZ 05 ARM Provinsi Jambi, para OPD terkait Provinsi Jambi, serta para undangan lainnya. (Sapra Wintani/edit : Mustar, foto: Novriansah, video: Ardi dan Said Usman).

GPR WIDGET