SEKDA: SMN TINGKATKAN PEMBAURAN SOSIAL DAN NASIONALISME
Di Posting Oleh : Admin, Tanggal : 18 Agustus 2019 , Dilihat Sebanyak : 250 Kali

 

 

Jamu Siswa Siswi dari NTT, Paparkan Potensi Jambi

 

 

Jambi (Humas Pemprov Jambi) - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi Drs.H.M.Dianto,M.Si mengapresiasi program BUMN Hadir untuk Negeri Siswa Mengenal Nusantara (SMN). Sekda mengemukakan bahwa program tersebut sangat bermanfaat untuk meningkatkan pembauran sosial antar daerah di Indonesia, yang selanjutnya diharapkan berdampak pada peningkatan cinta tanah air dan nasionalisme di kalangan siswa siswi peserta, serta dapat ditularkan pada siswa siswi lainnya. Pembauran sosial tersebut dapat menjadi penguat perekat sosial dan kerukunan antar daerah, yang sangat positif dalam pembangunan bangsa dan negara, termasuk di dalamnya pembangunan daerah. Hal itu disampaikan Sekda saat menjamu Siswa Siswi dari NTT Program BUMN Hadir untuk Negeri Siswa Mengenal Nusantara (SMN), di Rumah Dinas Gubernur Jambi, Jumat (16/8) malam.

 

Hadir pada kesempatan tersebut, Agus Suharyono Asisten Deputi Usaha Industri Agro dan Farmasi, Jobi Triananda Hasjim Direktur Utama PT Semen Baturaja, Berlino Mahendra Santosa Direktur Utama PTPN,  Direktur Utama PTPN VI, Dirut PT Jiwasraya Danang Suryono.

 

Pada tahun 2019, siswa asal Provinsi Jambi dikirim ke Provinsi NTT dan sebaliknya, siswa sisiwi dari NTT dikirim ke Provinsi Jambi. Tujuan kegiatan ini adalah untuk menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air sejak dini kepada siswa siswi SMA/SMK/SLB, sekaligus untuk mengenalkan keragamaan kekayaan nusantara dan potensi daerah antara siswa dengan komponen pemerintahan dan masyarakat di provinsi yang dikunjungi.

 

Tahun 2019, PT Semen Baturaja (Persero) Tbk ditunjuk sebagai Personal In Charge (PIC) bersama dengan Asuransi Jiwasraya dan PTPN VI sebagai CO PIC. 

 

Sekda Provinsi Jambi memaparkan keindahan dan potensi alam yang dimiliki Provinsi Jambi kepada 25 orang siswa siswi SMN asal NTT tersebut.

 

“Program SMN ini sudah 5 tahun, tahun kemarin Provinsi Jambi kedatangan siswa siswi dari Provinsi Maluku. Saya berharap pogram ini membuat generasi muda Indonesia generasi milenial ini bisa mengenal lebih jauh tentang Nusantara yang begitu luas. Jadi, mereka bisa mengenal adat istiadat, tahu wilayah, seperti apa di Jambi ini dan mereka nanti bisa membandingkan setelah sampai di beberapa daerah/kabupaten. Dalam jamuan kita tadi, saya sampaikan tentang profil singkat Provinsi Jambi,supaya mere4ka mengetahui suku yang di Jambi, jumlah kabupaten kota yang ada di Jambi dan luasannya, sera potensi-potensi yang dimiliki Provinsi Jambi," ujar Sekda.

 

Sekda juga mengharapkan para siswa siswa dari Provinsi Jambi yang dikirim ke NTT dapat menimba pengalaman yang sama. "Provinsi Jambi dan Provinsi NTT ini  secara iklim saja itu sudah beda sama kita di Sumatera, di NTT mereka curah hujan yang tidak begitu tinggi mungkin alamnya lebih keras dibandingkan dengan alam yang ada di Provinsi Jambi,” tambah Sekda. 

 

Sekda mengharapkan agar siswa sisiwi dari Provinsi Jambi dalam program SMN yang ditempatkan di NTT bagaimana tantangan yang dihadapi oleh masyarakat NTT, sehingga bisa memetik pelajaran berharga bagaimana mensyukuri hidup, meningkatkan motivasi untuk maj.  

 

“Mudah-mudahan generasi muda ini menyadari, kalau mereka ingin maju mereka harus menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi," ungkap Sekda.

 

Direktur Utama PT Semen Baturaja, Jobi Triananda Hasjim menjelaskan bahwa para siswa ini memiliki beberapa agenda, yaitu melihat beberapa objek pariwisata dan kegiatan literasi. "Banyak sekali kegiatan yang dilakukan, tadi siang juga mereka berkunjung  ke perpustakaan, ada kegiatan bedah buku, di sana banyak kegiatan. Kegiatan ini yang utama adalah bagaimana milenial-milenial ini dibukakan matanya bahwa mereka adalah bangsa yang kaya, bangsa yang luas, dan mereka bisa melihat itu,” ungkap Jobi.

 

Jobi menjelaskan, program ini sudah dilakukan oleh BUMN selama 5 tahun dan sangat bermanfaat memperkaya khasanah berpikir siswa siswi, bahwa mereka adalah kebanggaan Indonesia dan mereka harus bangga dengan Indonesia.

 

“Besok kita ada Upacara Bendera 17 Agustus di Angkasa Pura 2 kita ajak mereka sehingga mereka juga bisa beinteraksi dengan pelajar pelajar SMA, karena kita juga menggunakan Paskibraka dari pelajar pelajar SMA kota Jambi,” tambah Jobi.

 

Jobi mengatakan, saat ini  PT Semen Baturaja diminta untuk menjadi salah satu coordinator BUMN Hadir untuk Negeri Siswa Mengenal Nusantara (SMN). “Salah satu daerah distribusi kami juga di Kota Jambi," ujar Jobi.

 

Asisten Deputi Usaha Industri Agro dan Farmasi, Agus Suharyono menyampaikan bahwa inti kegiatan ini adalah menentukan bagaimana BUMN tidak semata-mata mencari keuntungan tapi peran sebagai agen pembangunan. “Itu juga harus diperkenalkan kepada masyarakat. Jadi tugas kami salah satunya adalah menanamkan wawasan kebangsaan. Adik-adik ini adalah aset kita, adik-adik ini kita lengkapi dengan wawasan kebangsaan melalui pengenalan budaya-budaya bangsa. Hal ini akan menjadi penguatan-penguatan untuk bangsa kita ke depan," jelas Agus. (Maria/edit: Mustar, video dan foto: Said Usman).


GPR WIDGET