Kerinci
Di Posting Oleh : Admin, Tanggal : 08 Mei 2018 , Dilihat Sebanyak : 552 Kali

 

1. Gunung Kerinci

 

Kabupaten Kerinci adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jambi, Indonesia. Kerinci ditetapkan sebagai Kabupaten sejak awal berdirinya Provinsi Jambi dengan pusat pemerintahan di Sungai Penuh. Pada tahun 2011, pusat pemerintahan berpindah ke Siulak. Kabupaten Kerinci memiliki luas 3.355,27 km² terdiri atas 12 kecamatan. Nama kerinci berasal dari bahasa tamil yaitu kurinji, yang merupakan nama bunga yang tumbuh di daerah pegunungan india selatan.

Keindahan bumi sakti alam kerinci memang menarik banyak para wisatawan domestik maupun mancanegara. Daerah yang berjarak 418 km dari kota Jambi ini, memiliki julukan 'sekepal tanah dari surga'. Rasanya pantas kata itu disematkan kepada Kerinci karena keindahan alamnya. Tak heran, Kerinci kerap dijadikan tempat syuting program wisata di Televisi dan menjadi lokasi syuting film. Selain keindahan alam, Kerinci juga kaya akan budaya. 

 

2. Bukit Khayangan

 

Bukit Khayangan seperti Negeri Diatas Awan, itu julukan yang tepat disematkan kepada Bukit Khayangan. Bukit yang merupakan rangkaian dari bukit barisan yang mengelilingi sebagian wilayah kerinci. Tampak indah ketika berada diatasnya, jika cuaca terang maka pengunjung dapat melihat sebagian wilayah kerinci dari atas dengan indah, dan apabila cuaca mendung serta berkabut maka pemandangan seolah-olah pengunjung sedang berapa di Negeri Diatas Awan.  

Bukit Khayangan bisa menjadi pilihan wisata anda. Bukit yang terletak di Desa Renah Kayu Embun, tidak terlalu jauh dari desa Sei Penuh. Puncak bukit khayangan memiliki tinggi kurang lebih 1.500 meter dpl yang dapat ditempuh dengan waktu 1,5 jam dari kota sei penuh. 

 

3. Danau Kaco

 

Danau Kaco sebutan warga kerinci yang berarti kaca, memiliki air yang bening dan kebiruan. Terletak di ketinggian 1.289 meter diatas permukaan laut menjadikan danau ini salah satu objek wisata yang paling diburu oleh para wisatawan. Keelokan danau nan biru dan bening memanjakan mata pengunjung untuk melihat Ikan Semah yang jumlahnya ribuan berlalu lalang mengitari kedalaman danau. Ukuran Danau Kaco memang tak begitu besar hanya sekitar 30 x 30 Meter, namun keindahannya memaksa para wisatawan untuk betah berlama-lama menikmati keindahannya.

Ada satu hal yang kini masih menjadi misteri Danau Kaco yaitu kedalamannya. Sebab peneliti sudah mencoba untuk mengetahui dasar danau tersebut, namun cadangan oksigen selalu keburu habis sebelum peneliti mencapai dasar. Sehingga kini tak ada yang tau pasti berapa kedalaman Danau Kaco nan indah ini. Danau Kaco ini terletak di Sei Penuh, Desa Lempur, Kecamatan Gunung Raya. Yang apabila dari pusat kota Sungai Penuh dapat ditempuh dengan waktu 45 menit menggunakan motor. Selanjutnya untuk mencapai lokasi Danau Kaco pengunjung diharuskan berjalan kaki sejauh 4-5 jam menyusuri hutan. 

 

4. Danau Kerinci

 

 

Tempat Wisata kerinci yang wajib dikunjungi selanjutnya yaitu Danau Kerinci. Terletak di kaki Gunung Raja, Kecamatan Danau Kerinci menjadikan banyak wisatwan berkunjung disini. Danau yang sangat luas dengan luas 4200 Ha dengan kedalaman 110 M berada diketinggian 783 M dpl dengan diameter keliling danau sepanjang 70 km menjadikannya danau yang terluas kedua setelah Danau Toba. Pemandangan yang sangat indah menjadikan tempat ini wajib dikunjungi.

Berjajarnya perahu-perahu masyarakat di atas danau menjadi pemandangan indah tersendiri. Sebab danau ini selain menjadi mata pencaharian sebagian nelayan masyarakat disini juga digunakan untuk memenuhi kebutuhan air minum warga. Selain itu jika anda berencana mengunjungi danau ini maka anda bisa membawa pancing, untunk memancing di danau ini. Kemudian bisa berenang dan berkemah bersama keluarga. 

5. Goa Kasah

 

 

Goa Kasah merupakan habitat kelelawar dari berbagai jenis burung. Gua ini terletak pada ketinggian 1.400 mdpl dengan ukuran ruang utama gua adalah 15m X 8m dan tinggi 15 m, kegiatan yang dapat dilakukan seperti photo hunting, camping dan pengamatan satwa. Dengan menempuh perjalanan lebih kurang 2 3 jam dari pinggir rawa bento.

Gua Kasah ini dikenal oleh masyarakat setempat sebagai gua peninggalan sejarah. Bukti dari sejarah tersebut pada bagian dinding gua terdiri dari batu alam dengan motif hiasan /ukiran yang berbentuk piramid dan beberapa obsidian. Goa kasah merupakan goa yang ada di Kabupaten Kerinci, yang hingga saat ini masih menyimpan sejuta misteri, adalah Goa Kasah, yang berada di kawasan Desa Renah Kasah, Kecamatan Kayu Aro. 

6. Gunung Tujuh

 

Jika NTT mempunyai pesona Danau Kalimutu yang berada di ketinggian. Maka Kerinci juga memiliki danau yang tak kalah indahnya, yaitu danau Gunung Tujuh. Danau ini berada di puncak Gunung Tujuh dan menjadi salah satu danau kaldera tertinggi di Asia Tenggara dengan luas sekira 960 hektar, panjang 4,5 km, serta lebar 3 km. Ketinggian danau tersebut sekira 1,950 meter di atas permukaan laut. Lokasinya berada di Desa Pelompek, Kecamatan Ayu Aro, Kabupaten Kerinci, Jambi. 

Mungkin Anda sudah menebak kenapa danau ini dinamai danau gungung tujuh. Benar, dinamai Danau Gunung Tujuh karena dikelilingi tujuh puncak gunung di sekitarnya. Gunung-gunung tersebut, yaitu: Gunung Hulu Tebo (2.525 meter), Gunung Hulu Sangir (2.330 m), Gunung Madura Besi (2.418 m), Gunung Lumut yang ditumbuhi berbagai jenis lumut (2.350 m), Gunung Selasih (2.230 m), Gunung Jar Panggang (2.469 m), dan Gunung Tujuh (2.735 m). 

7. Air Terjun Pancoran Rayo 

 

Air Terjun Pancuran Rayo merupakan air terjun baru yang terletak di Desa Koto Tuo, kecamatan Keliling Danau. Sama seperti air terjun lainnya, air terjun ini memiliki keindahan yang tersembunyi di dalam rimbunnya hutan belantara. Tak banyak yang mengetahuinya, sampai-sampai namanya tak tertera di papan penunjuk jalan yang dibuat oleh Dinas Perhubungan. Air Terjun Pancuran Rayo ini menjadi salah satu wisata yang wajib anda kunjungi apabila ke kerinci. 

Jika anda ingin berkunjung maka bisa menuju Desa Koto Tuo. Pintu masuk air terjun di sebelah kanan jalan, jaraknya 15-20 menit dari sei penuh. Setelah memasuki gang jalan kecil maka nantinya anda akan bertemu dengan papan sepanjang 30 cm yang bertulis “Lorong Air Terjun”. Jika anda membawa kendaraan maka bisa dititip dengan biaya penitipan Rp.5.000 kemudian untuk bisa mencapai air terjunnya anda diharuskan berjalan untuk bisa mencapai lokasinya. 

 

8. Air Terjun Telun Berasap

 

Jika anda dari Gunung Kerinci maka tak ada salahnya untuk mampir ke Air Terjun Telun Berasap yang cantik ini. Letaknya yang dekat dengan kawasan Gunung Kerinci menjadikan para pendaki dapat menikmati indahnya air terjun ini. Nama Telun berasap berasal dari proses jatuhnya aliran air dengan debit yang tinggi, sehingga menciptakan kabut air disekelilingnya.

Berada di kawasan TNKS aliran air terjun berasal dari sungai yang berhulu di Dana Gunung 7. Keindahan akan air terjun yang sekilas berbentuk asap menambah keeksotisan Air Terjun Ini. Banyak yang mengatakan dibalik air terjun ini terdapat Goa yang hingga kini belum ada yang berhasil memasukinya disebabkan derasnya debit air. 

 

9. Kebun Teh Kayu Aro

 

Salah satu perkebunan teh terindah dan terluas di Indonesia adalah kebun teh Kayu Aro. Lokasi tepatnya di kaki sebelah selatan Gunung Kerinci, Gunung teritinggi di sumatera (3.805 meter dari permukaan laut). Mata kami seperti tak ingin berkedip saat melintasi perkebunan teh Kajoe Aro yang dibuka sejak tahun 1925 M. Bagi penikmat agrowisata, ini merupakan spot wisata terbaik dan Teh Kayu Aro adalah teh Ekspor yang terbaik di Indonesia.

 

10. Air Terjun Talang Kemulun

 

Air Terjun Talang Kemulun merupakan destinasi wisata yang terletak di kawasan Tanaman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) yang masih terjaga kealamiannya. Terletak di dalam hutan yang lebat dan jalan yang semak berlukar, menjadikan Air Terjun Talang Kemulun belum terlalu popular dari Wisata lainnya yang terdapat dikerinci. 

Namun keindahan air terjun Talang Kemulun ini sangat indah dan terdiri dari 12 tingkat. Untuk bisa sampai dilokasi ini maka anda harus menempuh jarak 21 Km dari Kota Sungai Penuh Dan 30 Km dari Desa Sanggaran Agung. 

 

GPR WIDGET