Kota Jambi
Di Posting Oleh : Admin, Tanggal : 07 Mei 2018 , Dilihat Sebanyak : 1581 Kali

 

1. GENTALA ARASY

  Gentala Arasy adalah museum budaya dengan corak arsitektur Arab yang bisa ditemukan di tepi Sungai BatanghariJambi. Selain museum dan ruang terbuka publik, bagian belakang museum ini terhubung dengan daerah seberang sungai, dengan adanya jembatan pedestrian selebar 4,5 meter dan panjang 503 meter. Di puncak menara museum ini, terdapat jam besar yang bisa dilihat dari kejauhan. Gentala arasy adalah singkatan dari gena tanah lahir abdurahman sayuti ini merupakan sebagai persembahan kehormatan untuk mantan gubernur jambi 

Jembatan Gentala Arasy dibangun dengan anggaran senilai Rp 88,7 miliar dalam tiga tahun anggaran 2012-2014. Bangunan ini merupakan proyek dari masa pemerintahan Hasan Basri Agus, dan diresmikan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla pada tanggal 28 Maret 2015. 

2. JAMBI PARADISE

  Jambi Paradise adalah salah satu tempat wisata di Kota Jambi yang sangat cocok digunakan untuk piknik bersama keluarga. Jika Anda berada di Jambi, maka tak lengkap rasanya jika tidak pergi ke tempat wisata yang satu ini.

Wahana Jambi Paradise ada banyak sekali macamnya, Beberapa wahana yang harus Anda coba saat berada di tempat wisata ini yakni flying fox, jembatan gantung, boat atau perahu, balon, sepeda air, labirin, sewa sepeda dan motor ATV, labirin, dan berbagai wahana lain yang tak kalah seru tentunya. Untuk fasilitas tempat wisata ini ada musholla, foodcourt, toilet, pondokan, serta gazebo.

3. DANAU SIPIN

Danau Sipin adalah sebuah danau alami dan tak asing lagi bagi masyarakat umum kota Jambi. Danau sipin atau yang biasa disebut oleh masyarakat jambi dengan nama “solok sipin” (Solok = Danau) memiliki pemandangan yang sangat eksotis, semilir angin sejuk yang berhembus mampu menghanyutkan para pengunjung, banyak yang datang ke Danau Sipin ini karena suasananya sejuk dan nyaman.

Di tengah-tengah danau Sipin ada beberapa keramba ikan yang memang sengaja di buat oleh para nelayan ikan, dan juga terdapat sebuah rumah panggung yang digunakan sebagai tempat peristirahatan para nelayan ikan tersebut, ikan-ikan yang dibudidayakan pun bermacam-macam, semuanya berjenis ikan air tawar seperti mujahir, nila mas dan lain lain.

 4. TAMAN RIMBA ZOO 

  Obyek wisata yang dibangun di atas lahan seluas 18 hektar pada awal tahun 80an ini merupakan obyek wisata andalan di Kota Jambi. Tidak jauh dari Bandara Sultan Thaha Syaifuddin, tepatnya di Jalan Sunaryo, Kecamatan Jambi Selatan, Kota Jambi, Propinsi Jambi, Taman Mini dan Taman Rimba Jambi ini dibangun sebagai sarana bermain, taman hiburan dan tempat wisata yang nyaman bagi warga masyarakat setempat.

Di Taman Rimba ada zoo mempunyai koleksi berbagai jenis burung dan hewan langka lainnya seperti: burung rangkok, pelican laut, elang, rajawali, bangau, burung unta, beruang hitam, gajah dan buaya. Untuk berbagai jenis burungnya ditempatkan di dalam ruangan seperti bola yang besar, sedangkan untuk hewan langkanya pengunjung bisa mendekat ke kandang masing-masing hewan langka dan bisa memberikan makanan kepada hewan tersebut. Ada juga gajah yang bisa anda coba tunggangi yang siap mengantarmu berkeliling arena. 

5. TAMAN ANGGREK SRI SOEDEWI

   

 Objek wisata yang satu ini sangat di rekomendasikan bagi anda yang gemar berkebun, apalagi bagi anda yang sangat mencintai tanaman, khususnya bunga anggrek, pasti anda tahu bahwa mengurus tanaman anggrek bukanlah hal yang mudah, butuh kesabaran ekstra, ketelatenan, serta perawatan yang mahal dan tidak boleh sembarangan, jadi wajar saja jika harganya memang tinggi. Lokasi dari Taman Anggrek Sri Soedewi ini terletak di Jl. Jendral Ahmad Yani, Kecamatan Telanaipura, kota Jambi.

Objek wisata Taman Anggrek Sri Soedewi ini dulunya tertutup untuk masyarakat umum untuk waktu yang cukup lama, sekitar 20 tahunan kira-kira, tapi sekarang objek wisata Taman Anggrek Sri Soedewi ini sudah terbuka untuk umum, jadi jika anda berminat anda bisa berkunjung ke Taman anggrek ini brsama teman-teman dan keluarga anda. Tempatnya yang nyaman akan membuat Anda betah berlama-lama duduk bersantai di sana.

Selain bersantai, Anda juga bisa menikmati kecantikan puluhan macam bunga angrek alam dan anggrek tanah, yang sulit Anda temukan di tempat lain. Bahkan ada beberapa jenis anggrek yang terbilang langka di sana. Anggrek langka ini adalah Phalaenobsis Violase, masyarakat Jambi mengenalnya dengan anggrek bulan. Habitatnya ada di kabupaten Sarolangun. Kecantikan lain terlihat dari Dendrobium liniearis, satu jenis anggrek yang ditemukan di kabupaten Muaro Jambi, atau Phaius tankervillae, bunga anggrek berwarna putih, ungu yang hidup subur di dataran tinggi kabupaten Kerinci.

Kira-kira ada 53 jenis anggrek yang beberapa diantaranya adalah jenis anggrek khas kota Jambi. Anggrek-anggrek yang ada di Taman ini hampir semuanya sudah berusia puluhan tahun, nah adapun contoh dari beberapa jenis bunga anggrek yang ada di Taman Anggrek Sri Soedewi ini antara lain adalah anggrek arundina, acriopsis, dan bolbophyllum yang merupakan jenis anggrek liar yang sering di temukan didalam hutan. Sedangkan untuk jenis anggrek tanah, contohnya adalah anggrek emma story, vandadouglas, James storie, vanda macan, berta baraga, anggrek silang, dendrobium, ocidium, cattleya, mocara, Phalaenipsis dan masih ada beberapa jenis anggrek lainnya yang dibudidayakan di Taman Anggrek Sri Soedewi ini.

GPR WIDGET