Merangin
Di Posting Oleh : Admin, Tanggal : 07 Mei 2018 , Dilihat Sebanyak : 723 Kali

 

1. Geopark Merangin

 

Geopark Merangin terletak di wilayah administratif Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi. Lokasi inilah yang membuat Geopark Merangin dikenal sebagai lokasi fenomena geologi bumi yang berusia kurang lebih dari 300 juta tahun.

Dengan letak geografis inilah menjadikan Geopark Merangin masuk dalam ruang lingkup Taman Nasional Kerinci Seblat. Dengan begitu, Geopark ini akan menjadi tempat penelitian bagi para geolog dari banyak universitas di seluruh dunia untuk mempelajari asal-usul terbentuknya bumi.

Hal ini tentunya tidak lepas dari kondisi di permukaan bumi tersebut yang tersimpan banyak jejak kehidupan sejak jutaan tahun lalu, seperti fosil kayu, tumbuh-tumbuhan dan kerang-kerangan yang memfosil di batu endapan lava dan abu vulkanik yang dilontarkan oleh gunung api purba.


2.  Air Terjun Sigerincing

 

Dinginnya air yang mengalir dari sela-sela beratuan tersebut dan sejuknya udara di sekitar lokasi membuat para pengujung menjadi  betah memanjakan  diri berada  di lokasi wisata alam yang berada di kabupaten merangi tersebut. Air terjun yang memiliki ketinggian lebih kurang 30 hingga 40 meter tersebut mengundang para pengujungnya untuk menghabisakan liburan bersama angggota keluarga dan orang terdekat.

Air terjun Sigerincing yang berada di Desa Tuo kecamatan lembah Masurai kabupaten Merangin Jambi tersebut dengan menempuh dua jam perjalanan dari kota bangko untuk mengunjungi lokasi yang memilki pemandangan eksotik tersebut. 

3. Goa Tiangko

 

             Sumatera memang kaya akan wisata, kali ini kita akan berwisata ke Jambi, tepatnya mengunjungi Gua Ulu Tiangko yang mempunyai keunikan tersendiri. Berwisata ke sana, Anda akan mendapatkan tambahan pengetahuan sejarah tentang kehidupan zaman purbakala yang ada di Jambi. Tentunya Anda juga harus menyiapkan mental. Pasalnya menuju ke gua ini Anda harus siap mendaki Bukit Batu Bulan yang berada di dalam hutan sejauh satu jam perjalanan. Tapi tenang saja, keindahan gua akan membuat letih selama perjalanan lenyap seketika.

Luas gua ini adalah 206 meter persegi dengan lebar bagian depan 4 meter dan bagian belakang hingga 11,5 meter. Letak goa ini tidak jauh dari pemukiman warga yang hanya memerlukan waktu sekitar 15 menit dengan berjalan kaki. 

Memasuki kawasan gua, Anda akan langsung disambut semilir angin dan udara sejuk yang masih asri dan bebas polusi. Gua ini merupakan bagian dari Cagar Alam Gua Ulu Tiangko yang menjadi habitat walet dan kelelawar. Secara ekonomi, habitat ini penting bagi masyarakat sekitar sebagai salah satu sumber mata pencaharian utama penduduk. 

 

4. Hesti Garden

 

Secara geografis, Hesti’s Garden berada pada Desa Muara Madras, Kecamatan Jangkat, Kabupaten Merangin, Jambi. Lokasi dari taman ini tepat berada di tepi jalan raya, yang berjarak kurang lebih 120 kilometer dari Kota Bangko. Pengunjung pun harus rela menempuh jarak yang cukup jauh ini dengan berkendara selama 3 jam. Untungnya, terdapat beberapa alternatif transportasi untuk menjangkau taman ini.     

Hesti’s Garden dibangun pada tahun 2016 lalu, oleh Hj. Hesnidar Haris atau yang akrab disapa Hesti. Beliau merupakan istri dari Bupati Merangin yang juga menjadi Ketua TP PKK Merangin. Dibuatnya taman bunga ini berawal dari sebuah keinginan menciptakan tempat wisata baru di Jangkat selain air terjun, ataupun danau.

Fenomena taman bunga unik ini memang mendapatkan antusias yang cukup luar biasa. Tak hanya dari dalam daerah saja, banyak pengunjung yang rela datang jauh-jauh dari Jakarta, Bandung, Medan dan masih banyak lagi dari kota lainnya. Saat hari raya, atau musim liburan taman pun akan dipadati wisatawan yang hendak berlibur bersama keluarga.

Bunga-bunga yang ada di Hesti’s Garden ini ditata dengan sedemikian rupa sehingga nampak rapi dan apik. Desain taman pun terlihat sangat professional, wisatawan akan dimudahkan untuk mengelilingi taman, karena tersedia lorong-lorong untuk berjalan. Lorong ini juga untuk mencegah rusaknya tanaman karena terinjak oleh pengunjung.

Komposisi dari warna-warna bunga dibuat sangat indah, sehingga menciptakan kombinasi warna yang memukau. Bunga-bunga tak hanya ditanam dilahan terbuka, tetapi juga ada sebuah rumah plastik yang bisa dikunjungi. Wisatawan pun akan betah berlama-lama, keindahan taman ini juga ditambah dengan suasana asri dan udara sejuk yang bisa dirasakan. 

 

 

GPR WIDGET