BSSN Laksanakan Penilaian Tingkat Kematangan Keamanan Siber dan Sandi Provinsi Jambi
Di Posting Oleh : rino, Tanggal : 26 November 2021 , Dilihat Sebanyak : 61 Kali
BSSN

 

Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jambi (Diskominfo Provinsi Jambi) – Deputi Bidang Keamanan Siber dan Sandi Pemerintahan dan Pembangunan Manusia dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN:Red) melakukan Penilaian Tingkat Kematangan Keamanan Siber dan Sandi di Pemerintah Provinsi Jambi pada Tanggal 23 s.d 26 November 2021. Tim tersebut terdiri dari Ibu Marcelina Tri Nasiti Widayatami, S.Sos., M.Si (Han), Irma Nurfitri Handayani, S.ST., Diah Sulistyowati, S.Kom., dan Mochamad Jazuly, S.S.T.TP.  Tim disambut oleh Kepala Bidang Persandian dan TIK, Bapak Nailul Authar, S.E. beserta staf. Rabu (24/11/2021).

Kegiatan ini berlangsung di Kantor Diskominfo Provinsi Jambi dengan tujuan untuk meningkatkan maturitas keamanan siber di Indonesia, dan Provinsi Jambi masuk dalam salah satu Pemerintah Daerah Provinsi untuk dilakukan penilaian maturitas objek keamanan siber di Tahun 2021. Ibu Marcelina Tri Nasiti Widayatami, S.Sos., M.Si (Han) mengatakan bahwa di Tahun 2021 pada sektor pemerintah, target pengukuran tingkat maturitas objek keamanan siber  dilakukan pada 5 (lima) Provinsi yaitu Provinsi Sumatera Selatan, Riau, Jambi, Bengkulu, dan Bangka Belitung. Pengukuran Maturitas menggunakan Tools Cyber Security Maturity (CSM) dimana pengisiannya dilakukan dengan metode wawancara/diskusi serta dengan melihat ketersediaan data dukung. Narasumber untuk memperoleh informasi pengisian CSM oleh BSSN, didapatkan  dari Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jambi yaitu Moch. Mawardi, S.I.P. (Kasi Pengawasan dan Evaluasi Penyelenggaraan Persandian), Epa Susanti, S.E. (Kasi Tata Kelola dan Operasional Persandian), Rico Janpria, S.Kom., M. Kom. (Kasi TIK), Fransisco, S.I.P., M.P. (Analis Deteksi Kerentanan Siber), Mahardika Heraditama, S.Kom. (Tenaga Teknis Keamanan IT), dan Hamid, S.Kom. (Tenaga Teknis Programmer). Kegiatan terselenggara secara efektif selama 2 (dua) hari yaitu pada tanggal 24 s.d 25 November 2021.

Kepala Bidang Persandian dan TIK Bapak Nailul Authar, S.E. yang mewakili Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jambi sekaligus sebagai Kepala Bidang yang menangani urusan keamanan siber dan sandi, berharap dengan adanya penilaian  yang disertai dengan rekomendasi yang diberikan oleh Tim dari BSSN, akan menjadi acuan bagi Pemerintah Provinsi Jambi dalam upaya meningkatkan keamanan siber dan sandi, karena sebagaimana yang diketahui bersama bahwa saat ini  digitalisasi sudah merambah ke banyak sektor, sehingga perlu diirngi dengan peningkatan mutu dan perbaikan dari sisi keamanannya.

CSM sendiri terdiri 5 (lima) ruang lingkup atau area yang terdiri dari Tata Kelola, Identifikasi, Proteksi, Deteksi, dan Respon. Dari hasil penilaian tersebut maka diharapkan agar Pemerintah Provinsi Jambi, dalam hal ini Diskominfo Provinsi Jambi untuk dapat menindaklanjuti rekomendasi yang telah disampaikan oleh Tim BSSN tersebut. (Bid. Persandian dan TIk, 26 November 2011)

GPR WIDGET