Hadiri Pelantikan Dekranasda, Gubernur Al Haris Inginkan Setiap Daerah Punya Produk Unggulan
Di Posting Oleh : rino, Tanggal : 03 Desember 2021 , Dilihat Sebanyak : 73 Kali
Hadiri

 

Dinas Kominfo Provinsi Jambi – Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos., M.H., menghadiri pelantikan Pengurus Dekranasda dan Musyawarah Daerah Dekranasda Provinsi Jambi masa bakti tahun 2021-2024 di Swissbel Hotel, Kamis (02/12/2021).

Gubernur Al Haris selaku dewan pembina Dekranasda Provinsi Jambi berharap seluruhnya bisa melaksanakan tugas masing-masing dengan baik. Kekompakan dan kesatupaduan harus terus dibina dan ditingkatkan untuk meningkatkan kinerja Dekranasda.

“Melalui musyawarah yang akan dilaksanakan, saya menekankan sekaligus berharap agar bisa merumuskan program kerja yang baik, yang aplikatif, relatif sederhana untuk dilaksanakan tetapi bisa membawa manfaat besar, bukan hanya untuk Dekranasda, tetapi untuk masyarakat Provinsi Jambi, khususnya.

kepada pengrajin, lebih khusus lagi kepada pengrajin binaan Dekranasda. Selaku mitra pemerintah, maka program kerja Dekranasda Provinsi Jambi harus selaras dan sinergis dengan program Pemerintah Provinsi Jambi”. lanjutnya.

Gubernur Al Haris juga menginginkan “Satu Daerah Satu Produk” yaitu setiap daerah harus mempunyai produk unggulan.

“Keberadaan dari dekranasda ini adalah mengangkat sebuah kearifan lokal berbasis budaya. Saya berharap bapak/ibu sekalian. Kalau bisa hari ini sudah mulai berbicara Satu Daerah Satu Produk. Kalau ada 11 daerah brarti ada 11 produk unggulan yang ada di dekranasda itu. Saya telah menyiapkan satu space dibandara untuk dekranasda yang digunakan untuk memajang produk-produk unggulan jambi. Saya juga ingin kantor yang bagus itu jangan dijadikan kantor saja, tetapi dijadikan itu Mall untuk produk-produk unggulan jambi” ujarnya.

“Kian hari ekonomi kreatif semakin mengemuka, di dalam ekonomi kreatif banyak UKM (Usaha Kecil dan Menengah), dan fungsi utama Dekransada adalah pembinan kepada pengrajin, yang sebagian besarnya adalah UKM. UKM berperan besar dalam perekonomian, baik ekonomi daerah maupun ekonomi nasional. Ekonomi kreatif dan UKM telah membuka lapangan kerja yang sangat banyak di Indonesia, dengan multiplier effect (efek berlipat ganda) yang ditimbulkannya, dan berkontribusi besar dalam pembangunan dan pertumbuhan ekonomi” jelasnya.

“saya berpesan agar Dekranasda menjadikan kondisi tersebut untuk meningkatkan antusiasme dan semangat dalam meningkatkan pembinaan kepada para pengrajin Provinsi Jambi, agar UKM Provinsi Jambi bisa menghasilkan kriya atau produk yang berkualitas tinggi, kompetitif dengan produk UKM provinsi bahkan negara lain.

Kualitas produk itulah kunci utama dalam kompetisi produk kerajinan kita” tutupnya. (Waaly, photo/ vid  : harun).

GPR WIDGET