Hj. Hesti Haris : PKK Harus Bisa Berkerja Sama Dengan Pemerintah Daerah
Di Posting Oleh : rino, Tanggal : 07 Oktober 2021 , Dilihat Sebanyak : 46 Kali
Hj.

 

Sarolangun ( Diskominfo Provinsi Jambi),Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jambi. Hj. Hesti Haris, SE mencanangkan Gerakan Keluarga Pelopor Perubahan Menuju Indonesia Maju dan Jambi Mantap 2024, sekaligus Roadshow TP-PKK Provinsi Jambi dalam rangka melaksanakan amanat dari Rakernas Tahun 2021. Yaitu mensosialisasikan  Gerakan Keluarga sebagai Pelopor Perubahan dirangkai dengan pembukaan Rakerda ke IX TP-PKK Kabupaten Sarolangun Tahun 2021. yang dilaksanakan di ruang Pola Kantor Bupati Kabupaten Sarolangun. Rabu (06/10/2021).

Hadir pada kesempatan tersebut Wakil Ketua II TP PKK Provinsi Jambi, Hj. Iin Kurniasih, berserta Tim PKK Provinsi Jambi disambut langsung Bupati Sarolangun H. Cek Endra dan Wakil Bupati Sarolangun H. Hillalatil Badri dan ketua TP PKK Kabupaten Sarolangun Rosita Cek Endra,  Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Sarolangun Lili Hillalatil Badri beserta para OPD Kabupaten Sarolangun dengan penyambutan tarian sekapur sirih.

Dalam sambutannya Hj. Hesti menyampaikan. PKK saat ini sudah ada perubahan dalam melaksanakan tugas,  dulunya peraturan yang mengatur  PKK di bawah Kementrian Dalam Negeri,  dikarenakan kerja PKK banyak yang menyentuh kemasyarakat dan sosial." Kini undang undang PKK sudah menjadi Peraturan Presiden,  PKK di tuntut utuk bisa berkerja sama dengan Pemerintah Daerah terutama OPD yang bersentuhan langsung dengan program PKK, "ujar Hesti.

"Kita bertekad untuk terus melakukan perubahan sesuai dengan Undang Undang yang diatur kita harus berkerja sama dengan Pemerintah Daerah untuk memajukan 10 program PKK karena esensi 10 Program Pokok PKK sudah sangat akrab dengan kehidupan masyarakat Indonesia termasuk masyarakat Provinsi Jambi pada umumnya dan khususnya masyarakat Sarolangun," jelasnya.

Dijelaskan Ketua TP- PKK bahwa untuk mewujudkan tujuan tersebut tentunya banyak hal yang harus dlakukan dan dibenahi baik dalam tata kelola kelembagaan, tertib, administrasi serta implementasi 10 program pokok PKK. "Sebagai bentuk komitmen dukungan TP PKK Kabupaten terhadap Pencanangan Gerakan Keluarga Pelopor Perubahan maka perlu disebarluaskan secara berjenjang melalui forum rapat kerja daerah PKK Kabupaten dan Kota," sambungnya.

Hj Hesti  menyatakan agar TP  PKK Kabupaten Sarolangun harus siap untuk bersinergi dengan pemerintah dalam usaha mewujudkan kesejahteraan masyarakat. "Dalam usaha mewujudkan kesejahteraan masyarakat, kita harus bergerak bersama dalam mengedukasi, memotivasi masyarakat agar upaya untuk meningkatkan program pokok PKK sebagai landasan awal dalam meningkatkan kualitas keluarga menjadi Pelopor Perubahan, " ungkapnya.

Dikatakan Hj. Hesti dari pengamatannya saat ini yang dilakukan situasi dan kondisi saat ini memang telah melebur dalam dunia digital yang menuntut kita untuk mampu beradaptasi. " Disamping itu TP PKK pusat pun telah mendorong agar gerakan PKK harus akrab dengan teknologi, kami juga mengagendakan dalam rangkaian kegiatan ini kegiatan Bimtek Operator Dasawisma yang akan difasilitasi oleh Tim Pengembangan Aplikasi Dasawisma ini dari Dinas Kominfo Provinsi Jambi, "jelasnya.

Untuk itu TP PKK Provinsi Jambi, pada tahun 2021 ini telah membangun sebuah sistem aplikasi dasar Dasa Wisma berbasis teknologi informasi yang diharapkan dapat mempermudah kelompok Dasawisma dalam melaksanakan buku kas Penjaringan Data Keluarga , data Kegiatan warga dan data Penjaringan ,data keluarga data kegiatan warga dan data regenerasi keluarga." Kata Hj. Hesti.

Ditempat yang sama Bupati Sarolangun H. Cek Endra menyampaikan, dimasa pandemi ini peran PKK dalam membantu pemerintah mengatasi covid-19, banyak sekali terutama dalam himbauan kepada masyarakat dan pembagian masker baik di jalan jalan juga pembagian yang turun di Kecamatan." Syukur Alhamdulillah pada hari ini semua pasien corona yang di isolasi sudah sembuh semua,  ini berkat kita semua. Tapi kita jangan lengah dalam menerapkan protokol kesehatan, saat ini Sarolangun sudah bisa dibilang level 1." ujar Bupati.

Selain itu Bupati juga minta program PKK juga ikut dalam membina Suku Anak Dalam. "Ini merupakan tanggungjawab bersama,  agar SAD bisa merasakan kesejahteraan dan pendidikan serta mendapatkan kesehatan. Dengan kedatangan ibu bisa memotivasi PKK Sarolangun untuk maju lebih baik lagi, " katanya.

Sebelumnya Ketua TP PKK Kabupaten Sarolangun Rosita Cek Endra menyampaikan ucapan selamat datang kepada ketua TP PKK Provinsi Jambi di Kabupaten Sarolangun dan apresiasi yang tinggi atas kehadirannya." Tim Pengerak PKK Kabupaten Sarolangun terus berupaya dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat dan kesehatan masyarakat serta peningkatkan pendidikan. Pada saat pandemi covid PKK Kabupaten Sarolangun berkerja sama dengan pemerintah dalam upaya pencegahan penularan covid,  kami turun langsung dalam mensosoalisasilan pencegahan covid ditengah masyarakat dengan pembagian masker dan sebagainya.

Usai pembukaan Rakerda Ke-IX Pada kesempatan ini Ketua TPK Provinsi Jambi Hj.  Hesti juga menyerahkan akta kelahiran secara simbolis dan penyerahan bibit tanam kepada penerima. Dilanjutkan  mengikuti penanaman 1000 pohon pelindung   di Masjid Agung As Sulthon Sarolangun, usai penanaman 1000 pohon, ketua TP PKK dan rombongan melanjutkan ke desa Bernai dalam Kecamatan Sarolangun meninjau Taman Bacaan Masyarakat Mawar dan pos yandu Melati, pada kesempatan ini juga diserahkan makanan tambahan bagi ibu hamil dan susu bagi anak PAUD dan bantuan buku untuk TBM Desa, usai dilanjutkan peninjauan kelompok Dasawisma Melati Desa Ladang Panjang Kecamatan Sarolangun. (Sapra Wintani/Foto: Agus Suprianto, Kamerawan: Ardi Susianto).

GPR WIDGET