Hj. Hesti Haris : Kader PKK Harus Peka dan Peduli Terhadap Kondisi Sosial Masyarakat
Di Posting Oleh : rino, Tanggal : 08 Oktober 2021 , Dilihat Sebanyak : 37 Kali
Hj.

 

Merangin - (Dinas Kominfo Provinsi Jambi), Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Jambi Hj. Hesnidar Haris, S.E (Hesti Haris) Mengharapkan, Kader PKK dapat terus meningkatkan kepekaan dan kepedulian terhadap kondisi sosial masyarakat, serta lebih banyak bersinergi dengan Pemerintah Daerah dan lebih sering turun ke lapangan, untuk membantu memantau kondisi riil di masyarakat, harapan demikian disampaikannya saat melakukan kegiatan Roadshow Pencanangan Gerakan Keluarga Pelopor Perubahan di Ruang Pola Kantor Bupati Merangin, Kamis (07/10/2021)

Acara tersebut juga dihadiri oleh  Wakil Ketua TP PKK Provinsi Jambi Titi Afrianti Agus Sunaryo, berserta tim anggota TP PKK Provinsi Jambi yang di hadiri langsung Bupati Merangin  Mashuri. Ketua TP-PKK Kabupaten Merangin Nurhaida Mashuri, Sekda Kabupaten Merangin Ir.  Fajarman,  para anggota TP PKK Kabupaten Merangin dan para OPD Merangin.

Hesti  Haris mengemukakan,  TP-PKK merupakan mitra Pemerintah dan Organisasi kemasyarakatan yang mempunyai peran untuk membantu Pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan menuju terwujudnya keluarga yang berdaya, sejahtera, maju, mandiri dan harmonis serta mempunyai peran dalam menumbuh kembangkan potensi peran perempuan dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Dikatakan Hj.  Hesti,  dalam pemberdayaan masyarakat melalui peningkatan peran gerak PKK tentu saja harus selaras sesuai dengan perkembangan dan tuntutan kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat. ”Saya berharap agar tim penggerak PKK dan kader kader PKK dapat bersinergi dengan Pemerintah Daerah dengan Stakholder terkait. Sebagai mitra Pemerintah Tim Penggerak PKK harus mensinergikan segala bentuk program-prongram yang dikembangkan dalam membantu Pemerintah untuk mengatasi berbagai persoalan sosial di daerah,” ujar Hj. Hesti.

Dijelaskan Hj. Hesti, dalam Rakerda ini kita  bisa menyamakan persepsi tentang penggerakan PKK yang akan datang dan menyatukan program kerja mulai dari Pusat, TP-PKK Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan sampai ke desa. ”Kita mengajak kerja sama yang berkaitan program bersama OPD untuk mendukung gerakan PKK di daerah, kalau dulu PKK di atur oleh peraturan Menteri Dalam Negeri, agak sulit untuk mengajak OPD untuk berkerja sama, tetapi sekarang PKK Sudah diatur Peraturan Presiden nomor 99 tahun 2017 dan permendagri nomor 36 tahun 2020 tentang Gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga, serta hasil Rakernas IX tahun 2020,” jelas Hj. Hesti.

Hj.  Hesti mengungkapkan bahwa posyandu merupakan salah satu program binaan PKK Kabupaten Merangin, diharapkan gerakan ini dapat sejalan dengan apa yang telah dilakukan oleh posyandu-posyandu di Kecamatan. “Posyandu adalah salah satu binaan PKK Merangin kami harap kepada Tim Penggerak PKK Merangin dapat sinergi bekerjasama dalam mengaktifkan posyandu,” ujarnya.

Dijelaskan Hj.  Hesti. Pengaruh HP (Gadget) bagi anak anak seolah tak bisa dilepaskan dari kehidupan anak-anak yang lahir di zaman milenial saat ini. " Padahal, potensi gadget merusak otak anak bisa terjadi jika anak dibiarkan terlalu lama menatap layar gadget tersebut. Istilah terhadap perilaku kecanduan gadget adalah screen dependency disorder (gangguan ketergantungan terhadap layer gadget)  serta pengaruh negatifnya banyak sekali, apapun yang kita buka bisa di lihat. Ini sangat membahayakan,  kalau tidak kita awasi anak kita secara rutin. "Sementara itu Bupati Merangin Mashuri,  S. Pd, MM menyatakan selamat datang kepada Tim Penggerak PKK Provinsi Jambi,  semoga dengan kedatangan rombongan TP PKK Provinsi Jambi bisa memacu peningkatan penambahan wawasan dan ilmu pengetahuan bisa membantu Pemerintah Daerah dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat bagi TP PKK Kabupaten Merangin.

Dalam penanganan covid di Kabupaten Merangin. Alhamdulillah dapat diatasi dengan bekerja sama seluruh elemen masyarakat baik itu TNI. Polri dan OPD,  PKK Kabupaten Merangin berkerjasama dalam penaganan covid. " Inbas covid yang berlangsung selama hampir 2 tahun membuat perekonomian diseluruh tanah air termasuk Kabupaten merangin turun dratis. Tetapi di sektor pertanian Kabupaten Merangin bisa tumbuh dan berkembang dengan baik seperti,  sawit,  kopi dan hasil pertanian lainnya.

Sebelumnya Ketua TP PKK  Kabupaten Merangin Nurhaida Mashuri menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ibu Ketua PKK Provinsi Jambi beserta rombongan yang telah berkunjung ke Merangin dan mengharapkan melalui Pencanangan Gerakan keluarga Pelopor  Perubahan diharapkan akan dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh keluarga-keluarga di Kabupaten Merangin dan PKK Kembali kepada intinya yaitu sebagai Gerakan masyarakat untuk pemberdayaan keluarga.

“Gerakan PKK juga berpotensi memberdayakan masyarakat secara keseluruhan, sehingga mampu mewujudkan keluarga sejahtera, ibu-ibu mempunyai peran vital dalam kesejahteraan keluarga, untuk itu kesatuan gerak PKK harus mampu menumbuhkan semangat yang menggelora karena TP-PKK sebagai mitra kerja dan pemerintah harus mampu menjadi pelopor dan pembaharuan yang inspiratif yang bertujuan menjadi pelopor perubahan.   (Sapra Wintani,  Photo Agus Suprianto,  Vidio Ardi Susianto)

GPR WIDGET