SANI HARAP FORIKAN TINGKATKAN KONSUMSI IKAN DI MASYARAKAT
Di Posting Oleh : Administrator, Tanggal : 19 Agustus 2022 , Dilihat Sebanyak : 112 Kali
SANI

 

Jambi (Diskominfo Provinsi Jambi) - Wakil Gubernur Jambi, Drs.H.Abdullah Sani,M.Pd.I., mengharapkan pengurus Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (FORIKAN) Provinsi Jambi bisa lebih meningkatkan konsumsi ikan ditengah masyarakat. Hal tersebut disampaikan Sani pada Pengukuhan Pengurus FORIKAN Provinsi Jambi Periode 2022-2024, bertempat di Rumah Kito Resort Hotel, Jum'at (19/08/2022).

“Saya mengharapkan pengurus FORIKAN yang telah dikukuhkan untuk bekerja dengan baik, penuh tanggung jawab, dan berperan serta dengan aktif dalam wadah FORIKAN ini, sehingga minat masyarakat di Provinsi Jambi untuk mengkonsumsi ikan semakin meningkat agar angka konsumsi ikan perkapita di Provinsi Jambi semakin meningkat pula,” ujar Sani.

Sani mengatakan pengukuhan pengurus FORIKAN Provinsi Jambi ini merupakan salah satu modal dasar dalam mendorong penyebaran Program Nasional Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN). “Pengurus FORIKAN harus mampu menjalankan perannya sebagai inspirator, kreator, motivator, dan aktivator, secara maksimal sehingga mampu meningkatkan konsumsi ikan nasional dan menjadikan makan ikan sebagai budaya bangsa,” kata Sani.

Sani menuturkan, sesuai dengan misi memantapkan kualitas sumber daya manusia, Pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi terus melakukan upaya dalam meningkatkan sumber daya manusia yang sehat, kuat, dan cerdas serta dalam rangka mendukung program Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Jambi dalam upaya pencegahan stunting di Provinsi Jambi dengan melaksanakan kegiatan GEMARIKAN.

“Inti dari kegiatan GEMARIKAN adalah bagaimana kita mensosialisasikan kepada masyarakat manfaat mengkonsumsi ikan. Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi harus terus berupaya untuk meningkatkan diversifikasi produk olahan hasil perikanan untuk menarik animo masyarakat, terutama anak-anak, dalam rangka meningkatkan konsumsi ikan pada masyarakat,” tutur Sani.

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Jambi selaku Ketua FORIKAN Provinsi Jambi, Hj.Hesnidar Haris,S.E., mengatakan FORIKAN memiliki arti yang sangat penting dalam menggerakkan masyarakat untuk meningkatkan konsumsi ikan, dimana pada tahun 2021 tingkat konsumsi ikan masyarakat di Provinsi Jambi sementara sebesar 41,28 kg/kapita/tahun, target angka konsumsi ikan tahun 2022 adalah 42,09 kg/kapita/tahun, sedangkan untuk target nasional adalah 59,53 kg/kapita/tahun. Angka ini masih sangat rendah dibandingkan dengan negara negara lain seperti Jepang dan Amerika Serikat dengan tingkat konsumsi ikan di atas 100 kg/kapita/tahun.

“Saya mengharapkan FORIKAN Provinsi Jambi mampu berperan koordinatif agar semua gerakan yang dilakukan mengarah kepada tujuan utama meningkatkan konsumsi ikan guna menciptakan generasi muda yang sehat, kuat dan cerdas, serta dapat berperan dalam pencegahan stunting di Provinsi Jambi,” harap Hesti. (Waaly/edit:Richi, foto; Novriansah dan Sopbirin, video: Said Usman dan Reno)

GPR WIDGET