Sekda Ajak Masyarakat Gemar Memakan Ikan
Di Posting Oleh : rino, Tanggal : 26 November 2021 , Dilihat Sebanyak : 16 Kali
Sekda

 

Jambi (Diskominfo Provinsi Jambi) - Sekretaris Daerah (Sekda)  Provinsi Jambi H.  Sudirman,  SH,  MH Mengajak Masyarakat Provinsi Jambi Gemar memakan ikan, karena ikan kaya akan gizi termasuk produk paling sehat,  ajakan demikian disampaikannya saat menghadiri puncak peringatan Hari Ikan Nasional (HARKANNAS) yang ke-8,  Provinsi Jambi,  dilaksanakan di Aula Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi,  Kamis (25/11/2021).

Harkannas Ke-8 Kali ini dengan tema “Ikan Untuk Generasi Tangguh dan Unggul”.Ikut Hadir pada kesempatan ini Wakil Ketua II  TP-PKK Provinsi Jambi Hj. Iin Kurniasih Sudirman, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jambi Ir. H. Amir Hasbi,  ME, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Jambi,  Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten/kota se Provinsi Jambi.

Pada kesempatan ini Sekda mengucapkan terima makasih kepada Kepala Dinas Perikanan dan kelautan  Provinsi Jambi yang sudah menyiapkan tempat dan terima kasih kepada kepala Dinas Perikanan kabupaten/kota yang sudah hadir." Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi bersama Dinas Perikanan Kabupaten/ kota untuk tidak berhenti melakukan inovasi ini sudah cukup bagus tapi  perlu peningkatan. Perhatian terus dikawal dan yang tidak kalah pentingnya bukan hanya sekedar pembinaan mungkin kalau memang ada modal bantu modalnya karena jangan sampai yang tumbuh dan berkembang itu,  mohon maaf hanya itu-itu saja, perlu dipelajari tingkatkan nanti ada kelompok-kelompok lainnya bisa terus diberdayakan Saya yakin dan percaya bahwa dari Dinas Perikanan Kabupaten /Kota sudah melakukan itu tetapi kontrolnya masih kurang perlu bantuan kita bersama." ucap Sekda.

Sekda menghimbau jangan bosan makan ikan."  kita harus terus membudayakan terus mensosialisasikan bahwa ikan ini menjadi produk yang paling sehat sedikit untuk bisa dibudidayakan terima kasih pada Kadis kelautan Perikanan Kabupaten kota yang sudah melakukan pembinaan sudah memberikan bimbingan kepada usaha-usaha kecil sehingga masih terus bisa berkreasi mohon terus dijaga Pak terus dibina karena sesungguhnya banyak inovasi yang bisa kita lakukan dengan ikan. sudah banyak ikan  dibikin dendeng  itu sudah biasa tapi ketika sudah di jadikan bakso kemudian dijadikan keripik dan lain-lain banyak sekali  inovasi yang bisa kita buat,  Oleh karena itu teruslah kita untuk melakukan inovasi-inovasi baru dari ikan." Ujar Sekda.

Pada kesempatan ini Sekda juga mengemukakan,  pada tanggal 3 sampai 10 Desember 2021 Pemerintah Provinsi Jambi menjadi tuan rumah  penyelenggara Perkemahan Wirakarya Nasional yang di selenggarakan di Bumi Perkemahan Sungai Gelam," Dalam acara tersebut salah satunya agenda yang sudah disepakati adanya tabur bibit ikan,  nantinya akan di buka langsung oleh Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo pada pada Tanggal 4 Desember 2021 berskala Nasional.  Disini kita perlu bibit ikan yang cukup banyak" jelas Sekda.

"Tepatnya hari ini tanggal 25 rangkaian Acara sudah dimulai  dari tanggal 21 November kita memperingati hari ikan nasional ini bagian dari upaya negeri kita Jambi termasuk Indonesia untuk membudayakan dan kembali menggali potensi potensi daerah yang dimiliki di Indonesia ini, ikan adalah sumber protein tertinggi Oleh karena itu tidak keliru ketika ini diberdayakan disosialisasikan ke Pendidikan dijadikan ajang besar baik itu kegiatan Jambore dan sebagainya." pungkas Sekda.

Sebelumnya Kepala  Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi Tema Wisman menyampaikan,  Hari Ikan Nasional jatuh pada tanggal 21 November dan pada hari ini puncak seluruh kegiatan, alhamdulillah semua kegiatan sukses dilaksanakan,  Tujuannya adalah peningkatan konsumsi ikan ditengah masyarakat, Komsumsi ikan untuk Provinsi jambi  masih di bawah nasional yaitu 39,.34   kg perkapita Sedangkan nasional 45 koma sekian.

Pada kesempatan ini Sekda juga menyerahkan secara simbolis Bantuan Ikan Konsumsi Kepada Masyarakat,  Panti Asuham,  Pondok Pesantren As"Ad dan Ponpes  Asalam Jambi

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi juga menyelenggarakan Kampanye Gemarikan, masak serba ikan. Serta peninjauan Bazar serba Ikan (Sapra Wintani. vidio/Photo Agus Suprianto).

GPR WIDGET