Tingkatkan Keamanan Siber di Jambi, Diskomifo Provinsi Jambi Dukung Kerjasama BPSDM dan BSSN
Di Posting Oleh : rino, Tanggal : 23 November 2021 , Dilihat Sebanyak : 63 Kali
Tingkatkan

 

Dinas Kominfo Provinsi Jambi mengadakan Pendampingan Pembahasan Rencana Kerjasama antara Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jambi.

Ruang Rapat Kantor BPSDM Provinsi Jambi (Diskominfo Provinsi Jambi) – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jambi, dalam hal ini diwakilkan kepada Epa Susanti, S.E. (Kasi Tata Kelola dan Operasional Penyelenggaraan Persandian) dan Moch. Mawardi, S.I.P. (Kasi Pengawasan dan Evaluasi Penyelenggaraan Persandian) mendampingi Rombongan Tim dari Pusbang SDM BSSN (Pimpinan Rombongan : Gita Rousica Hadi, S.E.)  untuk membahas Rencana Kerjasama  Peningkatan Kualitas SDM Pengelola Keamanan Siber dan Persandian di Provinsi Jambi. Senin (22/11/2021).

Kegiatan ini berlangsung di Ruang Rapat Kantor BPSDM Provinsi Jambi, dan dipimpin langsung oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Jambi Bapak H.M. Iskandar Nasution, S.H., M.Si., yang dihadiri bersama Kepala Bidang Sertifikasi Kompetensi dan Pengelolaan Kelembagaan pada BPSDM Provinsi Jambi Bapak Drs. Muhammad, M.M.  beserta Staf. Dalam sambutannya, Kepala BPSDM menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pusbang SDM BSSN bahwa telah mempertimbangkan kemungkinan kerjasama antara kedua belah pihak yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM pengelola keamanan siber dan sandi yang ada di Provinsi Jambi.  Beliau juga berharap kerja sama ini dapat terwujud namun tentunya tetap mengacu pada peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Ibu Gita Rousica Hadi, S.E. menyampaikan bahwa yang melatarbelakangi upaya kerjasama ini adalah “pertimbangan bahwa Pemerintah Provinsi Jambi telah memiliki CSIRT (Computer Security Incident Response Team)/Tim Tanggap Insiden Siber, dan dengan adanya keinginan Pemerintah Pusat untuk segera melakukan implementasi SPBE di Daerah  secara menyeluruh. Kedua hal tersebut tentunya perlu diiringi pula dengan kemampuan kualitas SDM Pengelola Keamanan Siber dan Sandi yang mumpuni di masing-masing daerah”. Pusbang SDM BSSN selama ini secara kontinyu terus melakukan pelatihan teknis yang diselenggarakan di pusat, namun tentunya hal ini tidak dapat sepenuhnya menjawab kebutuhan di daerah untuk menjawab tantangan yang telah disebutkan sebelumnya karena disebabkan oleh beberapa faktor seperti jumlah peserta yang terbatas dan hal lainnya. Oleh karena itu Pusbang SDM BSSN berinisiatif untuk melakukan kerjasama dengan Pemerintah Provinsi agar dapat dengan cepat mengakselerasi peningkatan kualitas SDM yang dimiliki. “Maksud Kerjasama ini adalah untuk melakukan penyelenggaraan Pelatihan Teknis Bidang keamanan Siber dan Persandian dilingkungan Pemerintah Provinsi Jambi, dan Mewujudkan SDM Keamanan Siber dan Sandi yang Profesional dan Berintegritas dilingkungan Provinsi Jambi, yang tentunya akan disesuaikan dengan kebutuhan di daerah” tambahnya.

Untuk bahan pertimbangan kebutuhan pelatihan, Epa Susanti, S.E. menyatakan “Bidang yang menangani urusan Persandian pada Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jambi akan segera menyusun Analisis Kebutuhan SDM yang akan menjadi acuan bagi Pusbang SDM BSSN dalam membuat dan mengembangkan materi diklat yang nantinya akan diselenggarakan apabila kerjasama ini dapat berjalan”. Tentunya Diskominfo Provinsi Jambi yang menangani urusan Persandian sangat berharap kerjasama ini dapat terjalin “sehingga kami akan siap dalam menghadapi tantangan siber dan sandi kedepan, dan dapat menjalankan tugas pengamanan SPBE di daerah secara  profesional” ujarnya.

Pembahasan selanjutnya dipimpin oleh Kepala Bidang Sertifikasi Kompetensi dan Pengelolaan Kelembagaan pada BPSDM Provinsi Jambi Bapak Drs. Muhammad, M.M. untuk membahas draft kerjasama yang nantinya akan dibawa kembali oleh Tim dari Pusbang SDM BSSN untuk dapat dibahas oleh Biro Hukum dan Biro Kerjasama pada Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

GPR WIDGET